Mengenal Wayang Kulit

0
3184

Untuk generasi muda sekarang, wayang kulit bukan menjadi pilihan tontonan atau hiburan yang dicari. Selain memang dianggap kuno, penggunaan pengantarnya adalah bahasa Jawa yang tidak populer lagi di kalangan anak muda. Hal ini sangat disayangkan, karena  wayang merupakan salah satu budaya tanah air kita yang dapat membawa nama baik Indonesia hingga kancah Internasional. Sehingga harus dilestarikan.

Asal usul wayang kulit dibawa dari Indonesia serentak dengan proses penyebaran agama Hindu. Catatan yang ditemui hanya berupa pandangan dan pendapat yang diasaskan pada pergerakan sejarah semata-mata. Namun demikian cerita wayang kulit di Pulau Jawa atau Bali semuanya berasaskan pada dua hikayat dewa-dewa, yaitu Mahabharata dan Ramayana. Begitu juga dengan persamaan istilah seperti wayang, dalang, panggung dan kelir. Untuk wayang dibedakan menjadi 3 yaitu Wayang Kulit, Wayang Golek dan Wayang Orang.


Foto : instagram/poespaaa

 

Seni wayang ini telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sehingga pada tanggal itu dijadikan sebagai Hari Wayang Dunia. Dan dari seluruh jenis wayang yang ada, wayang kulit dari Indonesia merupakan salah satu jenis wayang yang paling terkenal di seluruh dunia.  Dibuat khusus dari kulit hewan, wayang Jawa ini memiliki karakter yang disebut Punakawan. Punakawan ini terdiri dari empat orang, terkenal dengan nama Ki Lurah Semar, Petruk, Gareng, dan juga Bagong. Semar sendiri sering digambarkan sebagai personifikasi dewa, dan kadang juga digambarkan sebagai arwah penjaga dari pulau Jawa itu sendiri.

Yang bisa kita ambil dari cerita wayang kulit adalah nilai-nilai yang terkandung didalamnya memiliki unsur  kesempurnaan, kesejatian, kesatuan, kesucian, kejujuran dan keberanian. Sehingga banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan manusia. Untuk ingin lebih mengenal tokoh yang ada di pewayangan, kamu dapat follow akun instagram @wayangheritage dan juga bisa mendapatkan informasi laiinnya.

foto : instagram/wayangheritage

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here