Pameran Gaun Historis Balenciaga di Madrid

0
1150
Foto : Museo Thyssen Bornemisza Itjeher.com
Foto : Museo Thyssen Bornemisza Itjeher.com

Label mode Balenciaga telah memiliki usia yang cukup tua. Ditemukan sejak 1919 di Spanyol oleh Cristobal Balenciaga, wajar saja jika kreasinya di masa lampau sudah menjadi barang peninggalan yang memiliki nilai historis.

Untuk mengingatkan kejayaannya pada generasi baru dunia mode, diadakanlah pameran dengan judul “Balenciaga and Spanish Painting” di Thyssen Bornemisza Museum di Madrid.

Tak hanya gaun legendaris saja yang dipamerkan, namun juga lukisan yang dipilih oleh kurator pameran Eloy Martinez de la Pera. Lukisan tersebut adalah milik Marchioness of Casa Torres yang merupakan salah satu pelanggan pertama Balenciaga.

BACA JUGA :

Alas Kaki Serba Transparan

Berburu Sunset di Candi Plaosan

Tips Bersepeda Khusus untuk Perempuan 

Gaun-gaun karyanya dibuat seakan berdialog dengan lukisan yang dipajang di sekitarnya. Warna hitam di dinding pameran menambah kesan dramatis bagi kedua karya yang sama mahalnya ini.

Berbagai ciri khas Balenciaga yang diambil dari ikon budaya Spanyol seperti bull rings, gaun penari flamenco, boots dan blus nelayan hingga baju gereja. Pada masanya, sang desainer dianggap mampu menyederhanakan simbol-simbol tersebut menjadi busana yang bisa dipakai sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here