Indonesia Memperkenalkan ICNIC di 3 Pameran Dagang Terbesar Amerika

0
1674

Melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), memiliki komitmen untuk meningkatkan nilai ekspor produk ekonomi kreatif lokal menuju pasar global. Hal ini diwujudkan melalui ICNIC (Indonesia Creative Incorporated) yang merupakan program akselerasi yang mempersiapkan produk dan jasa keluar negeri agar dapat masuk ke pasar global.

Pada bulan Agustus, Bekraf akan mengikuti tiga pameran dagang terbesar di Amerika yaitu, New York Now 2019 yang akan berlangsung pada tanggal 10-14 Agustus 2019. Agenda Show dan Liberty Fairs yang akan berlangsung pada tanggal 12-14 Agustus 2019. Acara tersebut diklaim sebagai The most powerful retail event di Amerika Serikat.

BACA JUGA:

Kampanye Cinta Diri Sendiri dari BTS dan UNICEF

Awas, Sering Main HP Berakibat Tubuh Semakin Gemuk

Pada kesempatan kali ini Bekraf akan mengusung masing-masing 8 nama lokal yang terpilih pada tiap gelaran berdasarkan hasil kurasi. Peserta NYNow 2019 adalah Djalin, Kayou, Sackai Bags, Indo Risakti, Du’Anyam, Studio Dapur, Rengganis, dan Kana. Sedangkan peserta Agenda Show dan Liberty Fairs 2019 adalah  Reinkarnasi, Annas Tribe, Koolastuffa, NIION, Pot Meets Pop, Bluesville, Elhaus, dan Monstore.

Menurut Joshua Puji Mulia Simandjuntak, Deputi Pemasaran Bekraf, ekspor fashion sejak tahun 2016 telah meningkat 12% terutama dalam konfeksi, pakaian, dan tekstil. Konsep ekspor yang ingin didorong adalah menumbuh kembangkan usaha dan kreativitas dari setiap brand agar bisa masuk ke pasar global dan membuat negara-negara asing yang akan menjadi importir dari brand – brand lokal tersebut.

Tahun ini Bekraf sudah empat kali mengikuti New York Now dan sudah dua kali mengikuti Agenda Show. Hal ini menjadi motivasi untuk mengikuti ajang tersebut kembali pada tahun ini karena tahun lalu pada NY Now mendapatkan keuntungan mencapai 11 milyar rupiah. Dan menjadi target tahun ini untuk mendapatkan keuntungan dua kali lipat dari tahun – tahun sebelumnya. Lalu pada Agenda Show berhasil membawa 3 brand untuk masuk retail urban outfitters yang mempunyai jaringan global.

Selama berpartisipasi pada NYNow akan didampingi oleh KEMLU melalui KRJ NewYork, Bank Indonesia, Pemda DKI, BRI yang akan digabung menjadi 1 booth besar menjadi salah satu upaya agar Indonesia lebih powerful dan terlihat dalam satu kesatuan menjadi 1 booth besar tidak dibagi-bagi menjadi booth – booth kecil.

Penulis : Ajeng Rahmaniya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here