Mengenal Xu Bing yang Akan Berpameran di Museum Macan

0
754
Foto : Instagram/museummacan Itjeher.com
Foto : Instagram/museummacan Itjeher.com

Xu Bing adalah seniman asal Tiongkok yang memiliki nama besar di kancah internasional, dan kini menetap di Beijing. Kiprahnya di seni kontemporer dipengaruhi oleh banyak karya yang ia lakoni. Tak hanya sebagai seniman instalasi saja, melainkan juga printmaker, kaligrafer, hingga pembuat film.

Mulai akhir bulan ini, tepatnya pada 31 Agustus 2019, Xu Bing akan menggelar pameran tunggal pertamanya di Asia Tenggara. Museum Macan yang berada di Jakarta menerima kehormatan untuk memamerkan karyanya dalam rentang waktu yang cukup lama, yaitu hingga 12 Januari 2020.

BACA JUGA :

Mengatasi Sifat Anak yang Kurang Percaya Diri

Sedotan Reusable Mewah Keluaran Dior

SM Entertainment Bikin Formasi Grup Baru dari EXO, SHINee, WayV, dan NCT

Sang seniman sendiri dikenal memiliki banyak karya besar yang cukup provokatif. Pameran tunggal yang akan memamerkan karyanya kali ini diberi judul “Thought and Method” dan akan menampilkan banyak karyanya yang diambil dari perjalanannya sepanjang empat dekade berkesenian.

Salah satu karya Xu Bing yang paling dibicarakan adalah Book from the Sky yang dibuat tahun 1988. Karya ini adalah instalasi berupa lembaran buku yang diletakkan di langit-langit tinggi. Lembaran ini berisi karakter Tiongkok yang ternyata tak memiliki arti dan merupakan bikinannya sendiri. Hanya saja karakter ini disusun bagai kata-kata yang nyata, sebagai bentuk pemikirannya pada tradisi leluhur yang telah melekat di keseharian masyarakat dan diterima begitu saja tanpa dipertanyakan relevansinya dengan masa kini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here