Karya Seni Eko Nugroho Kembali Menarik Perhatian Pengunjung di Art Jakarta 2019

0
1612

Tahun ini merupakan dekade kedua perhelatan karya seni terbaik se-Asia Tenggara, Art Jakarta 2019, yang diadakan pada tanggal 30 Agustus – 1 September 2019 kemarin. Pada penyelenggaraan yang ke-11 di Hall A Jakarta Convention Center Jakarta, pengunjung kembali disuguhkan karya-karya terbaik dan serangkaian aktivitas yang berbeda.

Salah satunya karya Eko Nugroho yang terletak dibagian depan ruangan dengan ukuran yang zumbo atau sangat besar dan menarik perhatian. Ada dua karya Eko Nugroho yang ditampilkan yakni Moving Landscape (bordir manual, 2015, 489-313cm) dan Happy to be Alienated (fiberglass painted with akrilic, manual embroidery, 182 x56 x83 cm).

BACA JUGA :

Karya Xu Bing hadir Pertama Kali di Museum MACAN Jakarta

Pertunjukan Seni Tari dan Musik untuk Tokoh Pahlawan Indonesia

Seniman kontemporer asal Yogyakarta ini menampilkan karya yang mengekspresikan tentang alienasi dan intimidasi.  Dan karya bordir manual kali ini memang sengaja ditampilkan Eko untuk menggambarkan dinamika masyarakat kota dan urbanisme yang membentuk kebudayaan. Karya ini ibarat simbol modernitas yang ternyata menimbulkan keterasingan.

 

View this post on Instagram

 

Happy to be Alienated (2019) @arariogallery will be shown at @artjakarta #embroidery #sculpture #embroideredpainting #manualembroidery

A post shared by Eko Nugroho (@ekonugroho_studio) on


Sementara karya patung, dijadikan Eko sebagai bentuk kritik terhadap fenomena alienasi dalam masyarakat yang dipengaruhi oleh teknologi masa kini.

Karya-karya Eko memang cenderung menitikberatkan pada tradisi lokal dan lingkungan urban. Dia juga cenderung menampilkan karya dengan bahasa visual yang menyampaikan pesan-pesan politik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here