Narasi Teater Maudy Koesnaedi Tentang Orang Rimba dan Alam

0
273
Foto : Instagram/indonesia_kaya Itjeher.com
Foto : Instagram/indonesia_kaya Itjeher.com

Maudy Koesnaedi kembali ke seni panggung lewat perannya di teater berjudul ‘Beralas Bumi, Beratap Langit’ yang bekerja sama dengan Komunitas Panggung Bercerita.

Tak hanya membawakan narasinya, Maudy Koesnaedi juga terlibat lebih jauh sebagai produser di acara yang berlangsung pada Jumat, 29 September 2019 lalu di Senayan.

Teater sendiri berkisah seputar perjalanan Orang Rimba, masyarakat adat Jambi yang tinggal di Taman Nasional Bukit Dua Belas. Suku lokal ini merupakan masyarakat adat yang sudah lama berkelompok dan menetap di kawasan hutan.

BACA JUGA :

Warung Mbok Ndoro dengan Tampilan dan Menu Baru

Glenn Fredly Membangun M Bloc untuk Para Milenial

Teaser Kolaborasi Rich Brian dan Chung Ha Hebohkan Netizen

Orang Rimba memiliki jati diri dan tradisi kehidupan hutan yang sangat kuat. Ikatan yang sangat sakral dengan alam sekitar, membuatnya sangat menghargai setiap kehidupan mahkluk hidup.

Ada simbol-simbol yang dijaga oleh suku lokal ini. Salah satunya adalah pohon Sentubung dan Sengoris yang memiliki makna mendalam. Karena pernah membacakan narasi tentang dua pohon ini, Maudy Koesnaedi lantas menghubungkan ingatannya dengan situasi tanah air yang alamnya sedang berduka.

Bagi Maudy Koesnaedi, pas sekali jika menyampaikan filosofi Orang Rimba yang menempatkan alam sebagai sumber penghidupan, jika ingin membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencintai bumi tempat kita tinggal. Apalagi secara pribadi ia ingin putranya yang merupakan bagian dari generasi mendatang bisa menikmati alam Indonesia yang masih kaya di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here