Ragam Kain Jumputan Palembang yang Tampil Modern dan Alami

0
639
Foto : Griya Kain Tuan Kentang Itjeher.com
Foto : Griya Kain Tuan Kentang Itjeher.com

Jumputan Palembang yang juga dikenal sebagai kain pelangi karena warnanya yang beragam, merupakan salah satu wastra kebanggaan nusantara. Motif ini sangat fleksibel untuk diaplikasikan ke berbagai model pakaian. Tak hanya kain bawahan saja, ragam modifikasinya semakin banyak dan semakin modern.

Motif dari jumputan Palembang sendiri sangat banyak dan khas. Beberapa diantaranya adalah badang segi empat, bunga tanjung, mawar isi lima, sumpung, pucuk rebung, bintik tujuh, kembang janur, bintik lima, bintik Sembilan, cuncung atau terong, bintang lima dan bintik-bintik.

Motif ini tentu saja dibentuk lewat proses menjumput, mengikat, lalu mencelup di sebidang kain. Istimewanya lagi, kebanyakan jumputan ini dibuat dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

BACA JUGA :

Kain tenun Sikka yang Menarik Perhatian

Reaksi Beragam Penonton Usai Menonton Joker

Pilihan Lip Gloss Lokal untuk Berbagai Kesempatan

Celupannya merupakan pewarna alami yang berasal dari berbagai tumbuhan seperti gambir, bunga kecubung, kayu damar dan nila. Sementara material yang digunakan sebagai kain juga bermacam-macam mulai dari katun hingga bahan serat nanas.

Jumputan Palembang ini memang telah mudah didapatkan di banyak tempat di Indonesia. Namun jika berkesempatan mengunjungi Palembang dan ingin mendatangi asalnya langsung, maka Griya Kain Tuan Kentang Palembang yang terletak 15 menit dari Jembatan Ampera merupakan salah satu tempat yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here