Pesta Industri Kreatif Land of Leisure Sukses Digelar

0
458
Land of Leisure. Itjeher.com
Land of Leisure. Itjeher.com

Mengangkat tema yang terinspirasi dari “cerminan diri” tahun ini Land of Leisure telah sukses digelar dengan tajuk “Mantra Persona”. Land of Leisure sendiri merupakan acara yang digelar oleh Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, bekerja sama degan Remark.Lab.

Ini merupakan acara seni yang merayakan pesta industri kreatif terbesar di Yogyakarta yang telah digelar pada tanggal 11 hingga 13 Oktober yang lalu. Di dalamnya terdapat beragam aktivitas yang bisa dinikmati oleh para pecinta dan pelaku seni , mulai dari pameran, seminar, hingga pertunjukan musik.

BACA JUGA:

Mantan Anggota F(x), Sulli Dikabarkan Meninggal Dunia

Desainer Indonesia Berkolaborasi dengan Disney untuk Maleficent

Pada tema tahun ini yang bertajuk Mantra Persona, merupakan sebuah representasi cerminan diri. Kata Persona menggambarkan bagaimana cara seseorang menunjukan karakter dari dalam dirinya terhadap orang lain dan dunia luar.

Mantra sendiri diharapkan mampu memberikan arahan terhadap individu yang mampu mengarahkan pikiran kita. Nilai sesungguhnya dari mantra itu sendiri bisa diperoleh dari pikiran kita sendiri. Tema tersebut dipilih dengan tujuan untuk memotivasi dan menginspirasi khalayak untuk selalu mengevaluasi diri dan menjadi versi terbaik diri mereka.

Land of Leisure. Itjeher.com
Land of Leisure. Itjeher.com

Tema ini diekspresikan melalui dua installation dari Utterly Magazine dan Dwiky K.A. Art Installation dari Utterly, mengusung konsep Simple Happiness, yang dimana happiness itu sendiri dapat dibagi menjadi tiga yaitu short-term happiness, medium term, dan long term happiness.

Melalui karya ini, pengunjung diharapkan dapat merefleksikan apa yang ada di pikiran mereka ketika mendengar kata happy, bagaimana kondisi mental health mereka, serta menanyakan ke diri sendiri apakah mereka sudah bahagia. Selain itu, Dwiky K.A. akan menampilkan Green-X Reflector yang menggambarkan portal dimensi yang mampu membuka semesta secara acak dan manusia bisa menjelajah dan berpindah dari satu realitas ke realitas lainnya seperti teori dari dunia paralel, dimana manusia memiliki duplikat dirinya yang hidup di banyak semesta secara beriringan.

Land of Leisure. Itjeher.com
Land of Leisure. Itjeher.com

Di ruang ini, pengunjung akan diajak berinteraksi memasuki ruangan dan merefleksikan dirinya masing-masing dalam realitas yang berbeda, serta bertemu dengan “duplikat” personanya di semesta lain melalui dorongan peran spiritualitas fiktif yang berusaha membukakan gerbang dengan kekuatan mantra.

Land of Leisure. Itjeher.com
Land of Leisure. Itjeher.com

Land of Leisures juga menjadi wadah untuk menularkan semangat positif guna mendongkrak kreativitas masing-masing individu melalui berbagai aktivitas dengan konten yang tepat sasaran. Sehingga harapannya Land of Leisures dapat menginspirasi dan memicu kreativitas masyarakat Yogyakarta.

Land of Leisure. Itjeher.com
Land of Leisure. Itjeher.com

Untuk meningkatkan kesadaran acara Land of Leisures dan meningkatkan interaksi dengan industri kreatif di Yogyakarta, tahun ini secara perdana Land of Leisures mengadakan acara pre-event. Konsep dari pre-event ini berupa talkshow dan sharing session yang akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 2 Oktober 2019 di Journey Coffee & Records Yogyakarta dengan mengangkat tema “Accept the past, manage the present, and work hard towards the future”.

Tujuannya agar dapat mempelajari ilmu dasar-dasar manajerial dan lebih mengetahui bagaimana cara mengatur sebuah komunitas. Pembicara yang diundang antara lain Chandra Danu K, Rivan Hamdani, Dwiky K.A, dan Mas Gufi. Selain itu, juga ada penampilan dari Bait Nugraha dan More on Mumbles sebagai penutup.

Sebagai acara yang mengusung konsep ”creative curated market”, LOL senantiasa memberikan ruang untuk brand-brand lokal berkualitas dari tanah air yang terdiri dari produk fashion, beauty lifestyle, maupun food and beverages.

Land of Leisure. Itjeher.com
Land of Leisure. Itjeher.com

Salah satu contohnya adalah official merchandise yang merupakan kolaborasi antara Land of Leisures 2019 dan Public Culture. Selain itu, brand fashion yang hadir di acara LOL 2019 adalah Happy Go Lucky, Elhaus x Dwikyka, Public Culture, Humblezing, Yajugaya dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga local beauty brands seperti Rollover Reaction, BLP, Sorcha, dan Studio Tropik. Untuk para pecinta makan, di LOL 2019 kalian semua bisa menikmati wisata kuliner mulai dari W steak, Holy Smokes, Kalis Donat, Tuku, dan lebih dari 30 stands FnB lainnya.

Tidak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan segudang musisi berkualitas tanah air dan juga penampilan musisi internasional! Untuk penampilan musisi akan dibagi dalam dua tempat yaitu, rooftop stage dan garden stage. Dalam kurun waktu tiga hari, akan ada penampilan dari musisi dan band lokal di area Garden Stage, antara lainnya; Amigdala, Dialog Dini Hari, Kurosuke with Kittendust, Sal Priadi, Matter Halo, Nadin Amizah, dan masih banyak lainnya. Pengunjung dapat menonton penampilan di Garden Stage secara gratis.

Land of Leisures 2019 bekerja sama dengan AuthentiCity Fest mempersembahkan Rooftop Special Show yang akan dimeriahkan dengan performance dari Hindia, Tashoora, Danilla, Barasuara pada hari pertama. Kunto Aji, Pamungkas, Elephant Kind, Yumi Zouma pada hari kedua. Lalu pada hari terakhir, Land of Leisures 2019 akan ditutup dengan penampilan dari Skandal, The Panturas, The Adams, dan Fourtwnty.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here