Karnaval Kain Ulos Sepanjang 500meter di Hari Ulos Nasional

0
806
Foto : Yayasan Pusut Buhit Sakti Itjeher.com
Foto : Yayasan Pusut Buhit Sakti Itjeher.com

Tak hanya Hari Batik Nasional, masyarakat Sumatera Utara juga ternyata merayakan Hari Ulos Nasional setiap tanggal 17 Oktober, sejak ditetapkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai warisan budaya tak benda sejak tahun 2014.

Di tahun ini, Hari Ulos Nasional dirayakan dalam bentuk acara karnaval ulos yang memamerkan kain ulos sepanjang 500meter di sepanjang jalan Kota Medan, mulai dari Wisma Benteng, Jalan Kapten Maulana Lubis, hingga Lapangan Medan Merdeka, Jalan Balai Kota, Medan.

Acara yang berjudul Batak Nampunasa Ulos ini bertujuan untuk melestarikan kain yang merupakan kebanggaan Sumatera Utara.

BACA JUGA :

MORA Beyond Beauty Lipstik Turut Berdayakan Perempuan Indonesia

Di ICAD 2019 Bertaburan Aksesori Fesyen

Kandungan Spirulina yang Banyak Manfaat Untuk Kulit

Seperti wastra nusantara lainnya, keberadaan ulos sangat dekat dengan kehidupan suku Batak. Kain ini ditenun untuk mengiringi banyak upacara adat sakral dari mulai kelahiran, pernikahan hingga kematian. Ulos juga diwariskan secara turun temurun di dalam silsilah keluarga, juga dijadikan hadiah sebagai bentuk penerimaan keluarga baru.

Begitu banyak makna yang terkandung pada sehelai kain ini, membuat banyak yang berharap Hari Ulos Nasional dimasukkan ke dalam perayaan formal se-Indonesia bahkan sedunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here