Pameran Lini Narasi Baru : Seni Rupa Indonesia, Kota dan Perubahannya Sudah Dibuka

0
1038
foto : instagram
foto : instagram

Masih merayakan Hari Museum Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 2019 kemarin, Yayasan Mitra Museum Jakarta (YMMJ) menggelar pameran koleksi lukisan sebagai komitmen jangka panjang dengan melibatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pelaksanaannya.

Pameran yang bertajuk “Lini Narasi Baru : Seni Rupa Indonesia, Kota dan Perubahannya, telah resmi dibuka untuk umum mulai tanggal 17 Oktober 2019 hingga 31 Januari 2020 (Selasa Minggu pukul 08.00 WIB 17.00 WIB. museum tutup pada hari senin) di Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta.

Dan kali ini, para pengunjung  akan mendapatkan suasana yang berbeda. Ruang pamer diperbaharui dengan lebih rapi dan menarik seperti museum dan galeri seni kontemporer. Alur tata pamer juga unik karena dibagi kedalam beberapa tema yaitu; Mitologi dan Adat Istiadat, Potret Diri, Pemandangan Alam, Kehidupan Sehari-hari. Lukisan Klasik Bali, Lukisan Kaca, dan Lukisan Batik.

BACA JUGA :

Karnaval Kain Ulos Sepanjang 500meter di Hari Ulos Nasional

Najwa Shihab Hingga Ariel Noah Pamer Asal DNA di Museum Nasional

 

Catharina Widjaja selaku Ketua Umum Yayasan Mitra Museum Jakarta menjelaskan “ Melalui pameran ini, kami dari YMMJ berusaha memperkenalkan sebuah pengalaman baru yang menampilkan karya-karya besar dengan kisah sejarah yang mencerminkan semangat revolusi dan kebangkitan negara Indonesia dari zaman ke zaman melalui kacamata seni”.

Melihat lebih seksama perihal tema Potret misalnya, pada bagian ini akan dieksplorasi cerita mengenai Manusia dan Ruang, yang akan menampilkan tiga kategori seni lukis potret yaitu; Potret Diri Perupa, Potret Orang Ternama dan Potret Orang Biasa yang dihasilkan masingmasing seniman dalam kurun waktu yang berbeda. Tema ini menampilkan karya seni dari seniman antara lain Affandi, Djoko Pekik, Trubus, OH Supono, Basuki Abdullah dan lainnya.

Sedangkan tema Pemandangan Alam menampilkan koleksi corak lukisan pemandangan dalam seni lukis Indonesia dilengkapi dengan arsip dan dokumen, guna memperlihatkan konfigurasi corak ini dalam sejarah seni lukis Indonesia. Dan seniman yang diunggulkan untuk mengisi tema ini adalah S. Sudjojono, Sudarmadji, Mardian, Nasyah Jamin. Ernest Dezentje, dan Sukirno.

Masih banyak lagi seniman Indonesia yang menampilkan karya terbaik. Dan kamu bisa menikmatinya di akhir pekan ini loh ! segeran kunjungi Museum Seni Rupa dan Keramik, jalan Pos Kota, RT.9/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here