Uniknya Arti Tengkorak di Tradisi Peringatan Hari Kematian di Meksiko

0
958
Foto : Pexels.com Itjeher.com
Foto : Pexels.com Itjeher.com

Penggemar film Disney Coco pasti hapal dengan bentuk tengkorak yang dihiasi motif bunga. Bukan hiasan horor biasa, tengkorak yang disebut Calaveras de azucar atau sugar skull tersebut dipakai sebagai symbol Perayaan Hari Kematian di Meksiko atau Dia de Los Muertos.

Saat perayaan Hari Kematian di Meksiko yang jatuh setiap tanggal 2 November, setiap rumah warga local akan dihiasi dengan altar yang berisi foto, Aztec Marigold yang merupakan bunga kematian Meksiko, berbagai sajian makanan dan kerangka dan kerangka tengkorak berhias yang berupa replika.

Replika tengkorak tersebut melambangkan kematian. Bagi orang Meksiko, kematian tidak harus berarti kepedihan, namun bisa jadi sesuatu yang manis. Karenanya dalam budaya Dia de Los Muertos ini, semua masyarakat bergembira merayakannya tanpa kesedihan.

BACA JUGA :

Kolaborasi IKEA dan Virgil Abloh Akan Diluncurkan Besok

Seberapa Sering Bubble Tea Bisa Dikonsumsi?

Alur Cerita Unik Drama Korea ‘Extraordinary You’

Replika tengkorak digambar dan diberi warna yang ceria, selain itu ditambahkan pula tulisan nama orang yang sudah meninggal sebagai perwujudan penghargaan bagi yang sudah meninggal, bahwa mereka akan terus dikenang. Anehnya, tengkorak ini bahkan diberikan kepada kerabat yang masih hidup.

Tradisi Perayaan Hari Kematian di Meksiko ini sudah dimulai sebagai ritual suku Aztec. Fakta uniknya, saat dahulu invasi bangsa Spanyol ke Meksiko, tengkorak yang digunakan adalah tengkorak asli orang yang telah meninggal lengkap dengan hiasannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here