Hari Anak Sedunia: Pentingnya Seni Bagi Anak Dengan Autisme

0
562

Menyambut Hari Anak Sedunia yang diperingati hari ini, 20 November, SGE Live selaku promotor dari Future Park Jakarta bersama Dian Sastrowardoyo dan Sekolah Drisana mengadakan kerja sama untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya seni terhadap anak autisme.

Diadakan di Future Park Gandaria City, para pembicara bercerita betapa besarnya pengaruh seni terhadap terapi kepada anak dengan autisme. Seni bisa menjadi media bagi anak dengan autisme untuk mencurahkan pesan yang ingin mereka sampaikan.

BACA JUGA:

Baju Olahraga ala Jepang Kreasi NooRE dan Jenahara

Tas Kipling Terbaru Dengan Tema Frozen 2

Nuryanti Yamin, Ortopedagog dan Co-Founder Drisana Center mengatakan, Salah satu cara yang terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan interaksi sosial anak dengan autisme adalah melalui kegiatan seni. Manfaat kegiatan seni pada anak dengan autisme yaitu : (1) Dapat digunakan untuk membantu masalah pemrosesan sensorik, seperti taktil (peraba) dan visual (pengelihatan); (2) Meningkatkan keterampilan motorik halus; (3) Sosial emosional seperti regulasi diri, memahami kapan harus bertindak atau tidak, dan kapan menuangkan ide; (4) Ekspresi, anak dengan autisme menuangkan ide atau berekspresi sesuai dengan kesukaannya. Membantu anak dengan autisme menyelesaikan konflik yang tidak dapat diungkapkan secara verbal; (5) Adaptable, mampu diarahkan, meningkatkan kesadaran diri, dan mengurangi stres; (6) Konsentrasi untuk menuntaskan pekerjaan, berpikir secara simbolis; (6) Menawarkan komunikasi visual; (7) Meningkatkan kemampuan untuk mengenali (dan merespons) ekspresi wajah.”

Dengan topik ini, SGE Live bekerja sama dengan Sekolah Drisana untuk menggalang dana agar lebih banyak lagi yang bisa dilakukan Sekolah Drisana untuk memfasilitasi anak-anak dengan autisme. Di Future Park Jakarta melakukan penjualan tanda mata edisi khusus karya Dian Sastrowardoyo, serta Prinka Dipa dan Nindhita dua anak dengan autisme yang telah memiliki banyak karya seni yang mengagumkan.

Lebih lanjut Mervi Sumali, Chief Executive Officer SGE Live menjelaskan, “Pengunjung dapat berpartisipasi memberikan donasi, serta memperoleh 2 tanda mata secara pre-order, dengan syarat membeli minimal 2 tiket ’teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’. Adapun tanda mata ini dijual seharga Rp199.000 per buah mulai dari 20 November hingga 20 Desember mendatang. Keuntungan dari penjualan tanda mata tersebut akan didonasikan seluruhnya kepada Sekolah Drisana.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here