Mengenang Ciputra dan Minatnya pada Seni Rupa

0
561
Foto : Instgram/hotelciputrajkt Itjeher.com
Foto : Instgram/hotelciputrajkt Itjeher.com

Nama Ciputra dikenal sebagai pengusaha nasional yang banyak bergerak di dalam bidang properti. Namun di sepanjang hidupnya, minatnya pada seni rupa membawa pengaruh besar pada perjalanan seni rupa tanah air.

Kini nama besar Ciputra akan terus dikenang, setelah kepergiannya pada hari Rabu, 27 November 2019 di Singapura pada usia 88 tahun.

Jejaknya pada seni rupa tanah air dapat terlihat dari Ciputra Artpreneur yang didirikannya. Di dalam galeri tersebut, tersimpat karya-karya perupa Hendra Gunawan yang telah menjadi sahabatnya sejak lama.

BACA JUGA :

Museum Macan Merayakan Ulang Tahun yang Ke-2

Mengatasi Permasalahan Wajah Dengan Dermaline Mesotherapy

Menikmati Gunung Colo di Pulau Una-Una Sulawesi Tengah 

Tak hanya menjadi kolektor pasif saja, dirinya memiliki visi mengembangkan seni budaya Indonesia dengan cara menyediakan sebuah wadah. Karenanya Ciputra Artpreneur bukan saja galeri semata, namun disediakan pula gedung pertunjukan yang dengan tangan terbuka memfasilitasi berbagai karya kreatif yang ingin tampil.

Dirinya sendiri mengakui, di dalam buku Ciputra The Entrepreneur bahwa ia tak akan pernah seutuhnya menjadi pebisnis murni, karena di dalam jiwanya mengalir jiwa seni yang bebas. Karena itu pula di setiap proyek berlabel namanya dipastikan ada getaran seni yang mengalir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here