70 Karya Seni Ugo Untoro untuk Galeri Nasional Indonesia

0
1225
Foto : Instgram/galerinasional Itjeher.com
Foto : Instgram/galerinasional Itjeher.com

Seniman asal Yogyakarta Ugo Untoro menggelar pameran tunggal yang menjadi penanda pergantian tahun 2019 ke 2020 di Galeri Nasional. Pameran lukis yang diberi judul “Rindu Lukisan Merasuk di Badan” ini telah dibuka pada Jumat malam, 20 Desember 2019 dan akan berlangsung hingga 12 Januari 2019.

Pameran Ugo Untoro kali ini menjadi kali keduanya, setelah pada tahun 2007 lalu menghadirkan pameran berjudul “Poem of Blood”, juga di Galeri Nasioanl. Dengan kurator Hendro Wiyanto, “Rindu Lukisan Merasuk di Badan” akan menghadirkan sekitar 70 karya miliknya yang sudah dibuat sejak delapan tahun terakhir sejak 2011.

Jumlah yang cukup fantastis memang, ia memang mengaku mendapat banyak inspirasi setelah banyak pula melakukan perjalanan pergi pulang dari kediamannya Yogyakarta ke kampung halaman Purbalingga.

BACA JUGA :

BTS, Duta Global Terbaru Formula E

Eksfoliasi Buat Alis Tumbuh Lebih Tebal

Pengalaman yang membuatnya banyak merenung tersebut dirangkum dalam karya-karyanya. Iapun mencoba pendekatan bergaya romantisme barat. Gaya yang termasuk dalam aliran tertua ini menekankan pada tingkat emosi yang tinggi dan perasaan dari manusia yang merasakannya.

Mungkin hal tersebut pula yang membuat penikmat seni rupa merasakan banyak sentuhan personal lewat pamerannya kali ini. Ugo Untoro seperti mencurahkan segalanya melalui proses dialektik, bukan sekedar menyampaikan pesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here