Jadilah Bagian Karya Melati Suryodarmo di Museum Macan

0
700
Foto : Melatisuryodarmo.com Itjeher.com
Foto : Melatisuryodarmo.com Itjeher.com

Penggemar lagu-lagu musisi Indonesia Tulus pasti ingat dengan video musik lagu Ruang Sendiri yang menampilkan seniman Melati Suryodarmo. Di video tersebut, Melati bergerak mengikuti keinginan tubuhnya menciptakan visual yang melekat di ingatan.

Sang seniman yang memang aktif mengolah konsep ruang dan performance art di dalam karya-karyanya ini, akan segera menggelar pameran di Musuem Macan, Jakarta pada 28 Februari hingga 1 Mei 2020.

Instalasi yang akan ditampilkan memang bukan gagasan baru. Karya dengan judul ‘Kleidungsaffe’ yang pertama kali dipertunjukkan di tahun 2006 akan mengisi pameran Museum Macan yang berjudul ‘Why Let The Chicken Run’.

BACA JUGA :

Tips Pakai Masker Agar Tehindari Virus Corona di Indonesia

Disney Akan Garap Live-Action Bambi

7 Sosok Pecinta Lingkungan dari Indonesia hadir di Film ‘ Semesta ‘

 

Walau bukan karya yang baru, instalasinya tentu dibuat dengan sentuhan nyawa yang berbeda dengan instalasi sebelumnya yang tampil di the Cemeti Art House, Jogjakarta. Karena karya seni kali ini akan mengajak publik yang baru menjadi bagian dari instalasi.

Kolaborasinya dibuat dengan cara menerima donasi pakaian dari publik dalam kondisi baik lewat Museum Macan. Pakaian yang dikirim bisa berupa atasan, bawahan, luaran, dan terusan dengan warna cerah.

Nantinya, pakaian yang dikumpulkan dari publik ini akan ditata menjadi karya di dalam galeri Museum Macan. Para donatur pakaian dapat hadir menyaksikan performance art Melati Suryodarmo yang akan berinteraksi dengan pakaian-pakaian kiriman tersebut.

Kleidungsaffe karya Melati Suryodarmo ini dibuat atas fenomena sifat konsumtif masyarakat masa kini. Tumpukan pakaian yang dibentuk serupa pohon secara dramatis akan jadi pengingat sekaligus subjek percakapan yang penting untuk dibicarakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here