Bermain Ukulele

Ukulele yang sering digunakan sebagai alat musik keroncong, kini populer di kalangan pemusik remaja khususnya Indonesia. Ukurannya yang kecil sekitar 20 cm dan menyerupai gitar ini, disebut dengan nama bayi gitar. Ditemukan pada tahun 1879 di Hawaii, Amerika Serikat, dan dibawa ke pulau Ambon dan Makassar pada tahun 1880 sehingga menjadi alat utama musik keroncong.

Kualitas suaranya yang tidak kalah dengan gitar.  Memiliki 4 senar ( A = la, E = mi, C = do, G = sol) dan kini dapat mengiringi berbagai genre musik seperti jazz, country, reggae dan musik rock.  Ingin mencobanya ? cari tau informasinya terlebih dahulu dalam memilih ukulele yang tepat buat kamu.

1. Ukulele Soprano

Ini merupakan ukulele yang biasa digunakan untuk pemula. Memiliki jumlah fret ( tempat untuk meletakkan jari pada saat menekan senar), yaitu 12 hingga 14.

2. Ukulele Alto

Ukulele ini biasa dimainkan dalam sebuah pertunjukan dan ukurannya lebih besar dari ukulele soprano. Memiliki fret sebanyak 15 hingga 20 fret, sehingga cocok untuk tangan orang dewasa.

3. Ukulele Tenor

Memiliki jumlah fret sebanyak 15 hingga lebih. Suara yang dihasilkan lebih nyaring daripada ukulele alto dan soprano. Dengan ukuran yang lebih besar dan jumlah fret lebih banyak, maka akan memungkingkan untuk lebih menjangkau banyak kunci.

4. Ukulele Bariton

Jenis ini paling besar diantara ketiga ukulele laiinnya. Jumlah fretnya mencapai 19 lebih sehingga menyerupai gitar normal.

Informasi tempat membeli :

1. Gramedia Pondok Indah Mall

Jalan Metro Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Telepon : 021-7506997.

2. MG Sport & Music

Jalan Sultan Iskandar Muda no. 18G, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Telepon : 021-72800866.

3. www.tokopedia.com

4. www.lazada.co.id

More Stories
Pernikahan Sesama Jenis di Kerajaan Inggris