Ketika Goenawan Mohamad Menggambar

0
1135

Puisi, lakon, dan esai sudah lama melekat pada diri Goenawan Mohamad. Jadi, siapa sangka bahwa ia juga bisa menggambar ilustrasi. Kebisaannya yang satu ini baru diketahui sejak kumpulan puisi Don Quixote yang terbit pada 2014 menyertakan ilustrasi buatannya. Ternyata, di sela waktu luangnya, di tengah-tengah gagasan yang mengalir menjadi kata-kata, Goenawan Mohamad yang biasa dipanggil dengan inisialnya, GM, membuat gambar-gambar kecil di antara catatan-catatannya, tetapi tak pernah dipamerkannya, hanya disimpannya sendiri.

 

Ditemui di pameran bertajuk Kata, Gambar yang diadakan di Dia.Lo.Gue di Kemang, GM berkata bahwa gambar-gambar tersebut dipamerkan setelah dirinya dipaksa. Sebelumnya, ia tak pernah berniat memamerkannya. Siapa yang memaksa, ia tak menyebutkannya. Yang jelas, ada lebih dari 200 gambar yang dipamerkan, dan hasilnya begitu jujur. Sebagai perupa baru, karya ilustrasinya dapat menyuarakan kekhasan dirinya. Walau baru pertama kali gambar-gambarnya dipamerkan, yang menikmatinya tahu bahwa kumpulan ilustrasi tersebut benar digambar oleh dirinya. Gambar-gambar buatannya ditemani oleh kumpulan kata dan sajak yang dirangkai dengan begitu indahnya, menjadi karya seni yang merupakan satu kesatuan.

Selama empat bulan terakhir GM menggambar, hal-hal yang terlintas di benaknya secara otomatis dituangkan menjadi goresan ilustrasi. Tidak ada yang terlalu dipikirkan. Semua yang tertangkap olehnya langsung melewati proses yang tidak lama hingga menjadi suatu karya. Seperti pada tema “Wajah” di pamerannya, banyak wajah terkenal yang ia akui hadir karena dirinya merasa dekat dengan sosok pemilik wajah tersebut. Dua tema lainnya adalah “Yang Grotesk” dan “Gambar, Kata Yang Bisu”. “Yang Grotesk” ia tafsirkan lewat pemahaman Giorgio Vasari, perupa Italia, untuk menyebut corak yang tak masuk akal sebagai “grotesk”. Kecantikan baginya membosankan, sementara yang berpenampilan buruk lebih tak terduga. Sementara, “Gambar, Kata Yang Bisu” adalah sketsa puisi yang lekat dengan ingatan manusia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here