Cara Hidup Bahagia Seperti Orang Denmark

0
1344

Di banyak survei beberapa lembaga internasional, Denmark yang merupakan salah satu negara Nordik seringkali menempati urutan pertama dalam indeks kebahagiaan negara. Masyarakat yang tinggal di dalamnya dinyatakan sebagai masyarakat yang hidup dengan sangat bahagia, lebih bahagia dari negara-negara lain di dunia. Karena ini, semua orang jadi ingin tahu rahasia kebahagiaan orang-orang Denmark, atau ‘Danish’ ini.

Meik Wiking, chief executive dari the Happiness Institute in Copenhagen lalu merumuskan kebahagiaan ini dalam sebuah buku berjudul “The Little Book of Hygge, The Danish Way to Live Well”.

Hygge atau yang dibaca dengan ‘hu-gah’ adalah sebuah istilah yang merujuk pada kesadaran untuk memiliki hidup yang nyaman dan berkualitas.  Buku ini memaparkan semua kunci kebahagiaan orang Denmark, dan ternyata hygge ini bisa ditemukan pada hal-hal kecil yang ada disekeliling kita sehari-hari. Misalnya saja, untuk urusan interior rumah, orang Denmark cenderung mendekorasinya agar bisa jadi tempat tinggal yang paling nyaman. Selain lampu-lampu berdesain bagus yang temaram dan membuat tubuh jadi bisa merasa rileks, orang Denmark juga terbiasa menyalakan lilin aromaterapi. Ruang keluarga dan ruang tidur dipenuhi dengan bantal-bantal yang empuk dan selimut yang hangat. Selain itu, karena musim dingin cukup panjang, sangat umum ditemukan perapian untuk menghangatkan badan di setiap rumah.

Kualitas kebahagiaan ini bukan hanya berasal dari interiornya saja, namun pada komunikasi setiap orang yang berada di dalamnya. Menerapkan hygge dalam kehidupan sehari-hari artinya lebih memberi perhatian penuh pada orang di sekeliling. Mematikan HP ketika makan malam bersama keluarga, terlibat dalam pembicaraan secara ‘sungguhan’ dan bukannya larut dengan keseruan hubungan maya di media sosial yang semu.

Selain alur yang mudah untuk diikuti, buku ini juga dilengkapi dengan foto-foto dan banyak ilustrasi. Gaya hidup Denmark dikupas tuntas, ketika menulis makanan yang biasa dinikmati oleh orang Denmark pun disertakan juga resepnya untuk langsung ditiru. Selain itu gambar-gambar pilihan busana orang Denmark yang dikenakan sehari-hari juga akan sangat memanjakan mata. Di beberapa bagian pembahasan juga disertakan grafik menarik yang membuat tulisan jadi semakin mudah untuk dimengerti. Tanpa terasa, seperti baru saja memulai baca, kamu sudah menyelesaikan hampir setengah buku yang tebalnya hingga 287 halaman ini!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here