Studio Hiji Mengolah Rotan Berkualitas

0
1402

Mengolah rotan menjadi perabotan bergaya modern tentu tidak mudah. Citra kuno yang sudah lama melekat pada rotan ternyata bisa diubah oleh Abie Abdillah, desainer produk lulusan ITB Bandung. Untuk materialnya sendiri, mendapatkan rotan di Indonesia tidak sulit sama sekali.Rotan adalah komoditas yang besar di Indonesia, bahkan 80% kebutuhan material rotan berasal dari Indonesia.  Walau demikian desainnya cenderung tidak berkembang. Kursi rotan yang dijual di pasaran misalnya, modelnya selalu sama dan jarang sekali yang dikemas dengan serius.

Celah ini menjadi jalan bagi Abie untuk menciptakan produk dengan desain berkualitas yang diolah dari material rotan yang menjadi ketertarikannya. Apalagi selain komoditasnya, Indonesia juga kaya dengan artisan bertangan terampil yang bisa mengolah dan mengerti karakteristik rotan.

Tekstur yang licin namun kuat dan batang yang fleksibel untuk dibentuk menjadikan rotan sebagai material ideal untuk dijadikan kursi. Untuk bisa menampung beban yang cukup berat, struktur penyusunan rotan hingga membentuk kursi jadi harus diperhatikan. Salah satu desain Studio Hiji yang menarik perhatian adalah koleksi dari seri Pretzel. Bentuk lingkaran tumpang tindih pada makanan pretzel dirangkai berulang dan disatukan dengan ikatan di tengahnya. Menjadi kursi santai berbentuk bench yang muat diduduki lebih dari satu orang.

Foto : Instagram/studiohiji

 

Foto : Instagram/studiohiji

Tak hanya rotan, Studio Hiji juga bermain dengan material lain. Seperti kursi dalam seri BUNGA yang menggabungkan dua material dengan karakteristik kuat, yaitu rotan dan logam. Menjadi perpaduan yang seimbang antara rotan yang sangat ringan dengan logam yang menopang badan kursi dengan kokoh. Bentuk sandaran yang berbentuk sama dengan kelopak bunga, membuat posisi duduk jadi terasa nyaman.

Di tengah isu lingkungan hidup yang menjadi masalah, eksploitasi material alam tentu tak bisa dibiarkan begitu saja tanpa tanggung jawab. Karenanya menciptakan sinergi antara proses desain, pengolahan material hingga estetika desain sudah seharusnya diperhatikan dengan lebih mendalam.

Studio Hiji ingin menciptakan perabotan yang tak hanya cantik menghiasi ruang, tapi juga nyaman untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama dan bisa menciptakan cerita atau bahkan menambah nilai bagi lingkungan yang ditinggalinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here