Keajaiban Studio Ghibli Tiba di Jakarta

1
1105

Penggemar Studio Ghibli di Indonesia boleh berbangga hati, sebuah pameran besar yang diberi judul The World of Ghibli Jakarta Exhibition telah digelar sejak 10 Agustus lalu dan akan berakhir 17 September 2017 nanti.

Pameran yang diadakan di The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place Ballroom SCBD Jakarta ini menampilkan segala hal yang berhubungan dengan perjalanan pembuatan film-film Studi Ghibli.

Kisah Studio Ghibli yang dikenal penuh dengan keajaiban dipajang dalam bentuk instalasi 2 dimensi dan 3 dimensi. Di awal ruang pamer, ditampilkan sebuah tulisan biografi singkat tiga orang penggawa Ghibli yaitu Hayao Miyazaki, Toshio Suzuki dan Isao Takahata. Selain itu pengunjung juga bisa membaca tulisan pengantar oleh produser Ghibli, Toshio Suzuki.

Di ruang pamer 2 dimensi, pengunjung bisa mengintip dapur produksi Ghibli dari foto-foto Hayao Miyazaki dan para animator lain langsung dari meja kerjanya. Setelah itu, semua sinopsis film Studio Ghibli dan poster film dari awal tahun 80an hingga yang paling baru seperti The Wind Rises dan When Marnie Was There juga dipamerkan bersama beberapa guratan sketsa asli sebelum menjadi animasi.

Pameran ini tak hanya seru dinikmati oleh yang sudah menonton semua film Ghibli saja, untuk yang datang tanpa pengetahuan apa-apa soal Studi Ghibli juga dapat menikmatinya. Ini justru jadi kesempatan untuk cari tahu lebih banyak, karena di ruangan Auditorium pengunjung bisa menonton semua trailer film Ghibli.

Mengadakan pameran dengan skala yang sangat besar seperti ini bukan tanpa kendala, tapi dengan bantuan 2000 orang volunteer yang terlibat, pihak Kaninga Pictures sebagai penyelenggara dari Indonesia yang mengundang Studio Ghibli Jepang akhirnya bisa mewujudkan pameran ini. Disebut sebagai pameran Studio Ghibli terbesar di dunia, dan yang pertama kali diadakan di Asia Tenggara, instalasi di dalam pameran ini tidak langsung lengkap ketika pertama kali dibuka. Beruntungnya pengunjung yang hadir ketika pameran belum 100% lengkap, berkesempatan untuk mendapat tiket gratis lagi untuk melakukan kunjungan ulang hingga seluruh instalasi rampung.

Yang paling ditunggu-tunggu tentunya instalasi 3D yang menghadirkan langsung berbagai studio Ghibli. Tak seperti di pameran-pameran Studio Ghibli biasaya, khusus di ruangan ini kamu bebas berfoto sepuasnya di berbagai set bersama para karakternya. Kesempatan langka, bahkan untuk yang sudah pernah mengunjungi Museum Ghibli.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here