Buku-buku Ilustrasi dan Kata Naela Ali

0
3123

Ilustrator perempuan Naela Ali awalnya dikenal luas karena unggahan gambar-gambar yang didominasi dengan media cat air di media sosialnya, terutama instagram. Tapi tentu saja bukan sekedar julukan seniman instagram saja yang pantas disematkan padanya, karena ia telah melewati aktualisasi diri dengan berbagai prestasi yang dicapai dari karya-karyanya.

Beberapa pencapaiannya diantaranya adalah kolaborasi dengan beberapa label internasional seperti Uniqlo dan Line, atau label lokal seperti Nikicio. Ia juga aktif terlibat dalam berbagai pameran, salah satunya yaitu Public Garden dan Open Deck di Singapura.

Ada satu lagi profesi yang kini tersemat di dirinya, yaitu penulis buku, yang tentunya dipadukan juga dengan sentuhan ilustrasi karyanya.

Sebelumnya Naela Ali membuat buku yang berjudul ‘Itadakimasu Illustrated Japanese Food Art Book”, jika diperhatikan karyanya memang sangat terinspirasi dengan gaya ilustrasi Jepang kebanyakan yang minimalis dengan warna-warna lembut yang tetap ceria secara keseluruhan. Namun bukunya yang kemudian meledak di pasaran adalah ‘Stories for Rainy Day’.

Foto : Instagram/storiesforrainydays
Foto : Instagram/storiesforrainydays

‘Stories for Rainy Day’ sudah terbit dalam edisi pertama dan kedua. Buku ini menceritakan banyak kisah yang cocok dituturkan ketika hujan karena membuat hangat hati yang membacanya. Banyak karakter di dalam buku ini, perempuan, pasangan, ayah, kucing hingga hujan itu sendiri yang menjadi inspirasi terbesar bagi Naela Ali. Walau cerita terasa sangat dekat dengan sang penulis, ternyata ia mengakui cerita-cerita tersebut bukan sepenuhnya tentang dirinya sendiri melainkan banyak orang di sekelilingnya.

Stories of Rainy Day berkisah tentang perasaan sedih dan patah hati, perasaan menanti seseorang yang tidak ditakdirkan untuk bersama, kebahagiaan saat jatuh cinta, atau kebahagiaan saat menemukan hal-hal sederhana yang terasa seperti sihir, dan banyak lagi hal-hal yang mencampur adukkan emosi dan perasaan.

Foto : Instagram/thingsnthoughtsidrew
Foto : Instagram/thingsnthoughtsidrew

Buku terbarunya adalah “Things &  Thoughts I Drew When I Was Bored”. Hampir mirip dengan Stories of Rainy Day yang berisi kumpulan ilustrasi dan cerita-cerita. Buku ini lebih acak, seakan tidak memiliki benang merah satu sama lain. Membacanya seperti membaca jurnal seseorang yang berlompat-lompatan tak tentu tapi banyak memberi hal-hal mendalam yang patut diingat. Yang menyenangkan buku ini banyak berisi pesan-pesan aktualisasi diri hingga pembentukan karakter seorang perempuan untuk jadi lebih tangguh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here