Kolaborasi Ayu Joddy dan Rukmunal Hakim di ICAD 2017

0
1086

Desainer interior dan pengusaha Ayu Joddy berkolaborasi dengan ilustrator Rukmunal Hakim dalam sebuah karya yang dipamerkan pada gelaran ICAD 2017 lalu. Sebuah sofa single rancangan Ayu Joddy dengan sandaran tinggi dibalut dengan gambar karya Hakim dipajang di salah satu sudut ruang pamer Grand Kemang.

Sofa yang biasanya identik dengan perabot nyaman di ruang tengah untuk berkumpul bersama keluarga, dikemas dengan desain yang berbeda. Sandaran tinggi di sekeliling sofa memberi ruang personal bagi yang duduk di atasnya. Seakan mengisolasi diri dari sekitarnya dan hanya bisa memandang ke bagian depan. Hal ini menggeser fungsi sofa sebagai benda yang tepat untuk bermalas-malasan menjadi benda esensial untuk merasakan pengalaman sunyi dan kontemplatif.

Gambar yang memenuhi permukaan sofa berbentuk ranting pohon. Gambar ini ternyata menerjemahkan dirinya sebagai jalinan saraf dan otak, sejalan dengan ruang kontemplatif yang ingin dibentuk.

Material yang digunakan adalah tenun Pekalongan, berwarna abu-abu dengan kombinasi kayu rotan yang terkenal fleksibel dan mudah dibentuk. Walau terasa lebih kaku, sofa ini tetap memunculkan rasa nyaman dari sebuah bantal sandaran berwarna biru yang seperti memecah kesunyian. Pada akhirnya, sofa ini diperuntukkan bagi mereka yang memanfaatkan waktu untuk termenung sambil mencari gagasan-gagasan.

Penarikan pola pikir ini tentu bisa dikaitkan dengan tema “esensialisme” yang sedang diangkat ICAD kali ini. Diwakili dengan kata “Murni?” tepat berakhir dengan tanda tanya di belakangnya, ICAD mendorong partisipan bisa lebih kritis dalam memaknai segala sesuatu. Setiap permasalahan harus dipikir ke belakang penyebabnya, setelah itu ditawarkan juga solusinya, atau bisa juga hanya berlaku sebagai batu loncatan gagasan baru berikutnya.

Dengan banyaknya opini yang saling berebutan di zaman serba digital seperti sekarang ini. Kontemplasi diri yang dibarengi dengan pengetahuan tentu jadi hal yang penting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here