Budaya Indonesia Dalam Sebuah Piring

0
330

Bila melihat lukisan digambar dalam selembar kain atau di dinding sebagai mural rasanya sudah menjadi hasil karya yang umum. Namun bagaimana dengan melukis di atas media piring yang berbahan porselen maupun melamin dengan diameter 20-25 cm ? Hal ini menjadi suatu karya yang tidak biasa dan menghasilkan karakter yang kuat pada setiap tampilannya.

Seperti yang dibuat oleh Eridanie Zulviana dan Asa Gilland Soeprapto, lewat lini nya bernama Sepiring Indonesia, sangat menarik perhatian dengan desain yang merepresentasikan budaya Indonesia. Yaitu lukisan gambar Joged Jakarta, Bugis Makanja, Tatau Dayak, Legong Bali, Rancak Minang, dan Jawa Semanak, dibuat untuk meramaikan hiasan di meja makan atau bahkan sebagai koleksi pajangan yang unik dan berbeda.

Kota Jakarta juga tersaji dalam piring bundar putih mengkilat bergampar penari Jaipong dengan ditemani motif Kembar Mayang, Roti Buaya, pemain Tajidor, ragam musik dari Betawi yang membuat piring meriah dengan warna dan gambar-gambar motif berhias indah khas Betawi.

Pemilihan objek piring ternyata juga melewati proses pemikiran yang cukup panjang. Piring dianggap tepat sebagai souvenir, misalnya jika piring ini dibeli oleh orang asing, maka benda ini dapat menjadi duta budaya dengan memperkenalkan Indonesia pada dunia Internasional. Sehingga tidak heran, piring ini banyak diminati oleh para expatriate sebagai kenang-kenangan unik serta sebagai simbol ikatan emosional dengan daerah yang diminatinya.

Sepiring Indonesia juga menghadirkan berbagi souvenir lain seperti mug, placemat, bantal, tote bag dari kanvas, dompet, dan masih banyak lagi. Namun, piring porselen tetap menjadi rekomendasi sebagai souvenir yang diungggulkan karena selain lebih mewah juga memiliki keistimewaan dalam merawatnya karena mudah pecah.

Produk sepiring Indonesia bisa Anda dapatkan di Alun-Alun Grand Indonesia, Chic Mart Kemang, Hadiprana Kemang, Dialogue Kemang, dan Formapura Senopati. Kamu juga bisa memesannya melalui Facebook Sepiring Indonesia atau email sepiringindonesiaonline@gmail.com

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here