Teater Boneka Asal Jogja

0
1391

Jalan-jalan ke kota Yogyakarta yang terkenal dengan julukan Kota Gudeg  ini memiliki beragam kekayaan budaya Indonesia. Banyak sekali tempat yang bisa kita kunjungi ketika berlibur kesana. Salah satunya adalah melihat pertunjukan teater boneka yang bernama  Papermoon Puppet Theatre yang terletak di Jalan Langensuryo KT II No 17, Jogja.

Empat tahun berkecimpung di dunia teater, Maria Tri Sulistiyani yang lebih dikenal dengan nama Ria Pappermoon, awalnya membuat sanggar untuk anak-anak. Lewat teater boneka kontemporer, Ria menyampaikan cerita dengan kisah dari kehidupan orang-orang sekitar dan barang-barang tua yang menyimpan banyak cerita menarik. Salah satu karyanya yang memiliki makna mendalam adalah Mwathrikayang yang bercerita tentang korban politik pasca September 1965. Dikemas dalam pertunjukan imajinatif dengan teknik berkisah yang bagus, hasilnya adalah sebuah penampilan yang menguras emosi. Dalam membuat karya berlatar belakang sejarah ini Ria memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk riset mendalam.

Teater boneka kontemporer dipilihnya bukan tanpa alasan. Menurutnya orang cenderung lebih mudah menerima, ketika pesan yang disampaikan dilakukan lewat teater boneka. Bisa jadi karena boneka mengesankan sebagai objek yang menghibur, sehingga membuat audiens rileks saat menontonnya. Boneka – boneka yang digunakan berupa abstrak dan sesuai dengan namanya Papermoon, yang artinya kertas bulan. Menariknya wajah boneka yang menyerupai bulan ini mendapat banyak pujian dan cukup diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia dan juga mancanegara. Bahkan teater ini sudah melanglang buana hingga ke Bangkok, Singapura dan Berlin.

Untuk mengetahui jadwal pertunjukkan dan waktu berkunjungnya, kamu dapat membuka portal www.papermoonpuppet.com atau akun instagram @papermoonpuppet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here