Artikel Terbaru

Takaran yang Tepat Minum Teh Hijau

Teh hijau telah lama terbukti memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Mulai dari mempercepat metabolisme hingga melindungi dari serangan virus penyakit, banyak yang telah membuktikan keajaibannya. Tidak heran, orang-orang mengonsumsi teh hijau secara teratur, bahkan meminum lebih dari satu gelas untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.

Menurut Dr. Zuo Geng Zhang, peneliti Epidemiologi dari UCLA, mengatakan bahwa takaran yang tepat untuk meminum teh hijau  adalah dua sampai tiga gelas teh (bukan mug) dalam sehari. Dengan takaran ini, kamu bisa mendapatkan manfaat yang baik.

Namun, minum teh hijau hingga lima gelas dalam sehari,telah terbukti dapat menurunkan risiko dari kanker perut. Bahkan, jika kamu ingin mengurangi berat badan dan meningkatkan metabolisme, sebuah studi menemukan bahwa hasil terbaik bisa didapat dengan meminum tujuh gelas teh dalam sehari.

Banyak studi medis menemukan, jika semakin banyak meminum teh hijau, semakin banyak pula manfaat positif yang diterima oleh tubuh. Tapi ingat, batasi konsumsi hingga sepuluh gelas dalam sehari. Dan bila kamu termasuk orang yang sensitif terhadap kafein, atau menderita insomnia, 10 gelas teh mungkin lebih terasa mengganggu daripada memberikan manfaat bagi tubuh.

Di luar daftar panjang khasiat teh hijau, minuman ini juga memiliki efek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. Tanin (senyawa polifenol) yang ditemukan pada teh hijau dan teh hitam, dapat menurunkan kemampuan penyerapan asam folat pada tubuh. Padahal, asam folat adalah vitamin yang berfungsi mengurangi risiko cacat pada kelahiran. Jadi, jika kamu sedang hamil atau menjalani program kehamilan, sebaiknya batasi konsumsi maksimal dua gelas sehari.

Selain efek di atas, teh ini juga mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Maka itu, direkomendasikan untuk tidak meminum teh ini saat makan. Cukup konsumsi untuk selingan, atau pada saat tea time.

Jadi, bagaimana dengan kamu? Sudah minum teh hari ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *