Artikel Terbaru

Taman Nasional Takabonerate, Surganya Laut Selatan Sulawesi

Kontributor : Florentina Woro

Memang belum setenar Bunaken dan Wakatobi, Takabonerate yang terletak di kecamatan Takabonerate, kabupaten Selayar merupakan taman nasional yang memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Taka berarti batu karang, bone artinya pasir, dan rate artinya atas, jadi kalau diartikan secara keseluruhan Takabonerate adalah batu karang di atas pasir. Memang taman nasional ini merupakan atol (terumbu karang yang berbentuk melingkar) terbesar ketiga di dunia.

Berlayar selama 4 jam dari Pulau Selayar menuju Pulau Tinabo memang melelahkan, namun semua akan terbayar lunas ketika melihat pemandangan di sini. Jika beruntung, kita bisa melihat lumba-lumba dan ikan terbang ketika berlayar. Wisatawan yang berkunjung ke sini biasanya akan menginap di homestay di Pulau Tinabo. Bukan resort mewah, namun cukup nyaman untuk bermalam. Listrik dan air tawar terbatas di sini.

Taman Nasional (TN )Takabonerate juga surganya menyelam, namun jangan berkecil hati jika tidak bisa diving. Snorkeling dan menikmati pantai di TN Takabonerate sudah cukup mengobati kerinduan akan laut. Selain pulau Tinabo, ada 2 pulau lainnya yang bisa menjadi destinasi liburan kamu.

Pulau Tinabo

Pemandangan yang unik bisa kita lihat di pantai Tinabo pada pagi hari. Persis di bibir pantai di depan homestay, anak hiu akan menghampiri kita. Tidak berbahaya namun lebih baik jangan menyentuh anak-anak hiu ini. Pemandangan menakjubkan akan kita dapati ketika sore hari saat matahari terbenam. Langit akan berubah dari warna kuning keemasan menjadi merah keungunan, cantik sekali.

Pulau Gosong

Ada banyak tempat snorkeling di TN Takabonerate ini, guide akan mengantar kalian ke tempat-tempat terbaik. Ada sebuah pulau pasir yang hanya dihuni burung camar, yaitu Pulau Gosong. Pulau ini hanya ada ketika laut sedang surut. Tidak ada aktivitas lain di sini kecuali menikmati pantai yang tenang dengan airnya yang  biru jernih.

Pulau Rajuni

Masih dalam kawasan TN Takabonerate, Pulau Rajuni memiliki perkampungan yang padat penduduk. Mayoritas penduduknya adalah nelayan dan ikan asin adalah salah satu hasil laut yang mereka jual. Yang menarik di sini adalah tie-tie yang masih merupakan jenis dari binatang laut bulu babi yang bisa dimakan. Jika berani mencoba, tie-tie bisa dimakan mentah, rasanya seperti telur ikan.  Tie-tie bisa juga diolah menjadi bakwan.

Tie-tie

Tertarik berkunjung ke TN Takabonerate? Karena cukup terpencil, pastikan membawa obat-obatan pribadi, sunblock, dan perlengkapan menyelam lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *