Artikel Terbaru

Tetap Olahraga Saat Berpuasa

Menjaga kebugaran pada saat puasa juga penting agar tubuh menjadi lebih segar dan sehat. Namun tetap dengan kadar yang lebih ringan dengan pilihan olahraga yang tepat. Sebelumnya, kamu harus tahu tujuan olahraga dan kapan waktu yang tepat saat puasa agar tidak membuat tubuh lemas karena kekurangaan cairan.

Tujuan olahraga itu terdiri dari menjaga kebugaran atau mempertahankan kekuatan otot. Apabila kamu ingin menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah sahur. Hal ini karena di pagi hari, suhu udara masih dalam kondisi segar sehingga tidak akan menimbulkan haus yang berlebihan ketika melakukan aktivitas olahraga. Sedangkan untuk mempertahankan kekuatan otot, sebaiknya dilakukan pada sore hari sekitar 1,5 jam hingga 2 jam sebelum berbuka puasa. Jika setelah melakukan latihan ini dirasakan lelah dan haus, tidak perlu khawatir karena dilakukan menjelang waktunya berbuka puasa sehingga apabila terjadi dehidrasi, cairan yang hilang dapat dinormalkan kembali pada saat berbuka. Komposisi olahraga yang dianjurkan adalah 50 persen kardio dan 50 persen angkat beban.

Sebelum melakukan olahraga, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan :

  • Olahraga sebaiknya dilakukan dengan durasi antara 30 menit sampai dengan maksimum 60 menit .
  • Lakukan latihan kardiovaskular ringan seperti berjalan atau bersepeda. Hal ini dapat membakar kalori dan meningkatkan stamina, meningkatkan fleksibilitas dan detoksifikasi, dan perenggangan otot-otot yang bekerja. Atau lakukan aktivitas latihan otot sederhana seperti latihan otot, push-up, dan sit up.
  • Hindari melakukan latihan intensitas tinggi berlebih seperti berlari, stepper, atau mengangkat beban karena dapat menyebabkan cedera sendi atau otot serta menyebabkan komplikasi seperti tekanan darah rendah, hipoglikemia, dan pusing.
  • Jangan melanjutkan olahraga jika kamu merasa lemah, pusing, atau sakit meskipun kamu sudah menurunkan intensitas latihan.

Berikut pilihan olahraga ringan yang mampu menyeimbangkan dan menjaga kebugaran tubuh mesi sedang berpuasa.

  1. Jogging atau Treadmill Ringan

Jogging dengan intensitas ringan sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Kita bisa melakukan jogging beberapa jam setelah melakukan sahur di pagi hari dan/atau saat sore menjelang waktu berbuka. Jogging di pagi hari memungkinkan kita tidak merasa terlalu lelah, karena masih banyaknya energi yang tersimpan di dalam tubuh setelah makan sahur. Lakukanjogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa, namun tetap pasang intensitas jogging yang ringan demi mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan.

  1. Bersepeda

Bersepeda merupakan jenis olahraga alternatif ringan yang juga bisa dilakukan saat berpuasa. Bersepeda selama berpuasa dapat dilakukan pada pagi hari atau setelah subuh, dengan jenis sepeda statis ataupun dinamis. Lakukan aktivitas bersepeda hingga sekitar 45 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda selama kurang lebih 45 menit akan membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, dan 350 kalori untuk pria.

  1. Bowling

Bowling merupakan salah satu jenis olahraga yang condong kepada bentuk permainan. Olahraga ini membantu kita menjadi lebih rileks dan tetap berstamina. Bowling menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang juga bisa kita lakukan selama berpuasa. Kita dapat bermainbowling selama menunggu waktu berbuka puasa dengan tetap menjaga keseimbangan gerak tubuh agar stamina tetap terjaga.

  1. Berenang

Menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa membakar kalori dengan baik, renang dapat kita pilih sebagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan selama berpuasa. Kita dapat mengisi waktu berbuka dengan berenang selama kurang lebih 30 menit. Berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria. Namun saat melakukan renang, tetaplah berhati-hati untuk mencegah masuknya air ke dalam mulut yang mungkin bisa membatalkan puasa.

  1. Jalan Cepat

Jalan cepat menjadi alternatif olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan selama berpuasa. Kita bisa melakukan olahraga jalan cepat bersama rekan di tempat-tempat dan waktu yang tidak terbatas. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu kita untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Lakukan olahraga jalan cepat saat menjelang berbuka.

  1. Naik Turun Tangga

Terkesan sepele, namun aktivitas naik turun tangga terbukti menjadi jenis olahraga yang mampu dilakukan saat berpuasa. Olahraga ini tergolong ringan namun mampu menimbulkan dehidrasi jika kita tidak melakukannya dengan prosedur yang baik. Naik turun tangga selama kurang lebih 10 menit akan membantu menurunkan kalori di dalam tubuh, sebesar 178 kalori. Lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *