Artikel Terbaru

Tips Bercinta disesuaikan Gadget

Tips bercinta yang bisa dilakukan agar hamil adalah dengan sistem kalender. Walaupun cara ini tidak akurat 100 %, namun bisa kamu coba. Tapi ada juga yang menggunakan sistem kalender sebagai bentuk kontrasepsi alami untuk mencegah kehamilan tanpa risiko efek samping.

Jika kamu merencanakan kehamilan, kamu dapat menggunakan sistem kalender guna menentukan hari terbaik untuk berhubungan seks. Begitu pula sebaliknya. Jika kamu ingin mencegah kehamilan, kamu bisa menggunakan metode yang sama untuk menghindari berhubungan seks tanpa pengaman.

Menggunakan sistem kalender membutuhkan ketekunan dan pencatatan yang cermat agar hasil bisa akurat. Bagaimana cara menggunakan sistem kalender ? Biasanya siklus menstruasi terbagi dalam tiga fase, yaitu periode awal dari infertilitas (atau pra-ovulasi infertilitas), periode subur (ovulasi), dan beberapa hari tidak subur sebelum periode selanjutnya mulai kembali (infertilitas pasca-ovulasi). Hari pertama dari siklus menstruasi bulanan kamu adalah hari pertama dari periode infertilitas.

Tips bercinta sistem kalender. itjeher.com

Seorang wanita akan berpeluang besar untuk bisa hamil atau mencapai masa kesuburannya selama ovulasi dan tepat sesaat atau tepat sebelum ovulasi. Kesuburan adalah kemampuan tubuh untuk mengandung anak. Ovulasi adalah masa di saat sel telur dilepaskan dari indungnya, dan terjadi umumnya sebulan sekali, sekitar 12-16 hari setelah hari pertama menstruasi.

Masa kadaluwarsa sperma dalam tubuh adalah lima hari setelah ejakulasi.  Maka dari itu, wanita akan paling subur saat lima hari sebelum ovulasi, selama hari ovulasi dan  12-24 jam setelah ovulasi.

Nah, kini bisa gunakan kalender kamu di rumah. Atau, bisa dengan mudah memakai aplikasi di gadget, yang otomatis menghitung waktu ovulasi. Beberapa pilihan aplikasi adalah Period Diary, Menstrual Period Tracker, Menstrual Calender atau Ovia Fertility Period Tracker.

Tips bercinta sistem kalender. itjeher.com

Dengan catatan, metode ini akan kurang efektif bagi kamu  yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur atau kurang dari 25 hari. Jika kamu baru saja memiliki anak, kamu harus menunggu selama enam periode haid berikutnya, baru kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan metode ini. Mencegah kehamilan dengan metode kalender tidak disarankan untuk remaja dan wanita pra-menopause.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *