Batasi Penggunaan Produk Antibakteri

0
571

Ragam produk antibakteri kini tersedia di pasaran. Yang paling terkenal adalah tisu basah, dan yang paling praktis dan sering digunakan adalah hand sanitizer. Kamu mungkin termasuk yang tak bisa lepas dari produk-produk ini. Bukan saja karena bisa membersihkan tangan dimanapun kapanpun tanpa harus mencari air yang mengalir, harganya pun sangat terjangkau, dan beberapa di desain dengan unik sampai bisa dijadikan aksesoris tas.

Tangan yang bersih tentu sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Karena sudah jadi rahasia umum bahwa tangan yang penuh bakteri akan mempermudah tubuh terjangkit penyakit. Apalagi bakteri seperti salmonella dan e coli yang banyak menempel di berbagai fasilitas umum seperti pegangan pintu, dan hingga pegangan troli ketika berbelanja di supermarket.

Yang perlu kamu ketahui, hand sanitizer yang jadi jalan pintas menuju tangan yang bersih ini ternyata patut diwaspadai. Apa saja bahayanya?

  1. Ketahanan antibiotik hilang

Antibiotik digunakan untuk membunuh bakteri. Tapi tak semua bakteri di tubuh kita jahat. Lalu bagaimana jika antibiotik membunuh semua bakteri di tubuh termasuk bakteri baik yang sebenarnya dibutuhkan untuk membunuh bakteri jahat? Tubuhmu tentu malah jadi melemah. Karenanya gunakan hand sanitizer tak lebih dari 6 kali dalam sehari. Selebihnya, cukup bersihkan tangan dengan air mengalir.

  1. Kandungan Alkohol

Alkohol adalah kandungan paling dominan di dalam hand sanitizer. Formula aktif ini memang efektif untuk membunuh bakteri. Tapi kamu harus berhati-hati jika menggunakan hand sanitizer lalu makan dengan tangan. Karena mungkin saja bahan aktif alkohol yang keras masuk ke dalam tubuh. Jika dibandingkan, setetes hand sanitizer sama bahayanya dengan dua gelas kecil liquor.

  1. Imunitas melemah

Berbeda dengan iklan yang ditampilkan di media tentang hand sanitizer yang akan melindungi diri dari kuman. Sebuah riset di University of Michigan School of Public Health malah menyebutkan ternyata kandungan triclosan berbahaya bagi sistem imunitas tubuh. Karena mengacaukan imunitas tubuh, tubuh malah akan bereaksi dan bisa menyebabkan alergi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here