Detoks Media Sosial, Ampuh membuat Rasa Tenang dan Bahagia

0
1119
Foto : Sumber Pinterest. itjeher.com.

Kini kebiasaan menyambut pagi hari dengan melihat layar smartphone sudah menjadi gaya hidup banyak kalangan masyarakat modern. Tidak lagi membaca koran sambil menghirup teh atau kopi melainkan membalas email, membaca berita online, melihat  whatsapp atau line dan melihat media sosial (path, facebook, twitter, tinder) yang sudah dianggap rutinitas.

Smartphone telah mengganti banyak peran dari kehidupan manusia, dari segi profesional hingga pribadi. Bahkan banyak yang menjadi ketergantungan atau candu. Dan hal ini tentunya tidak hanya memberi efek positif namun juga banyak efek negatif kepada kehidupan manusia. Misalnya, rasa iri dengan foto-foto teman atau public figure yang sedang berlibur, rasa tidak suka dengan opini politik seseorang yang bertentangan dan hal-hal lainnya yang membuat mood menjadi tidak baik.

Kini, sudah banyak orang yang sadar dengan ketergantungan ini, sehingga melakukan Detoks Media Sosial, dimana untuk beberapa periode, mereka tidak akan menggunakan smartphone mereka.

Foto : sumber Creative Boom. itjeher.com.

Dalam sebuah article dari The British Psychological Society Research Digest mengenai dampak psikologis saat tidak menggunakan smartphone selama 15 menit, terjadilah “The Deactivation Effect”  yang dibuktikan melewati sebuah studi oleh Nguyen di Universitas Rochester. Ternyata dengan memberi 15 menit diri kita tanpa orang lain dan tanpa ditemani smartphone,  intensitas emosi postif dan negatif seorang stabil dan menunjukkan ketenangan dan kesantaian.

Media sosial telah menjadi platform untuk berbagi profesi dan budaya, serta sebagai wadah mengalirnya pendapat dan pemikiran asing. Ketika kita melakukan detoks media sosial, pemikiran otak akan dialihkan dengan pemikiran diri kita sendiri, dan hal ini telah diamati secara psikologis dapat meningkatkan ketenangan dalam emosi yang positif, atau yang disebut “low-arousal-positive-feeling”.

Rasanya penting hal ini kamu lakukan bila sedang jenuh dengan rutinitas kerja ataupun sehari-hari yang selalu dimonopoli oleh smartphone. Lakukan 15 menit dengan aktivitas yang kamu sukai dan sudah lama tidak kamu lakukan, seperti membaca buku atau novel, menonton film, masak, bermain musik atau bahkan bercocok tanam.

 Kontributor : Callista Sandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here