Menenggelamkan Kapal Bukan Hobi Menteri Susi

0
1358
Menteri Susi (Foto : Instagram/kkpgoid) itjeher.com

Menteri Susi sangat terkenal dengan kata “tenggelemkan!” di kalangan masyarakat Indonesia. Aktivitas penenggelaman kapal seolah melekat erat dengan sosok Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet kerja ini. Padahal aktivitas ini nyatanya tidak berasal dari ide sang menteri, atau Presiden Jokowi .

Pernyataan ini disampaikan sendiri oleh Susi Pudjiastuti dalam rekaman berita Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Baginya ini bukan hobi semata, namun melaksanakan apa yang sudah tertulis didalam undang-undang.

Penenggelaman kapal ternyata sudah diatur dalam perundang-undangan RI nomor 45 tahun 2009. Artinya, peraturan yang ramai dibicarakan ini ternyata sudah dibuat sejak cukup lama. Namun memang baru di era Jokowi ada permintaan pada menteri Susi untuk mengeksekusi peraturan ini dengan lebih serius, dan ditindak secara tegas.

BACA JUGA :

Gaya Busana Menteri Perempuan di Kabinet Kerja

Memperbaiki Kesehatan Perempuan Indonesia di Dunia Kerja

Begitupun ketika pada akhirnya kapal pencuri ikan dari zona maritim Indonesia harus ditenggelamkan. Sekitar 90% aksi pemusnahan kapal-kapal ikan adalah hasil dari keputusan pengadilan  sebagai bukti dan pelaku kejahatan.

Eksekusi dipermudah dengan dukungan penuh Presiden Jokowi yang memang memiliki visi maritim untuk mengamankan sektor perikanannya. Tujuannya tentu untuk sebesar-besarnya memakmurkan rakyat Indonesia, terutama nelayan.

Menteri Susi (Foto : Instagram/kkpgoid) itjeher.com

Bagi yang tidak setuju dengan tindakan menteri Susi ini, bisa membuat usulan yang ditujukan pada Presiden untuk menghilangkan peraturan dengan mengajukan ke Badan Legislasi DPR. Jadi, sesungguhnya tindakan penenggelaman ini diambil lewat proses hukum yang panjang, dan tak sekedar keputusan Susi Pudjiastuti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here