Mengapa Orang Ramai Konsumsi Kencing Unta?

0
1570
Kencing unta. Itjeher.com

Beberapa hari terakhir, kencing unta sedang marak dibicarakan. Perihal ini viral karena beredarnya video Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, Bachtiar Nasir yang sedang meminum minuman dari kencing unta saat berkunjung ke peternakan unta di Arab.

“Ini kencing unta mengandung obat. Campuran kencing dan susu (unta). Dan penelitiannya ini dapat menyembuhkan penyakit sel kanker dalam tubuh manusia dan bagus untuk pencernaan” jelasnya dalam rekaman video tersebut.

Hal ini langsung menjadi pembicaraan banyak orang. Pasalnya, meminum urin unta bukan hal yang lazim dilakukan, apalagi di Indonesia.

Ketidaklaziman ini kemudian dipertegas oleh pernyataan dari WHO. Di tahun 2015, WHO telah menyatakan bahwa melarang orang minum air urin unta. Larangan ini diserukan WHO sebagai salah satu pencegahan masyarakan terkena penyakit saluran pernapasan oleh virus korona atau Middle East Respiratory Syndrome (MERS) yang pada waktu itu sedang mewabah.

BACA JUGA:

Menenggelamkan Kapal Bukan Hobi Menteri Susi

Cara Ampuh PDKT dengan Calon Mertua

3 Cara Jitu Meningkatkan Kreativitas Anak

Seperti dikutip dari Dailymail, para pasien yang terkena virus ini cenderung memiliki penyakit bawaan seperti diabetes, gagal ginjal, penyakit paru-paru kronis yang berisiko terjangkit MERS.

WHO curiga bahwa penyebaran virus ini berasal dari hewan, karena laporan seorang pria yang terkena MERS memiliki peliharaan unta dan sapi. Lantas, teorinya semakin memperkuat dugaan penyebaran virus dan bahaya unta.

Maka itu, WHO meminta masyarakat untuk menghindari minum susu unta mentah atau air kencing unta dan juga makan daging yang tidak dimasak dengan matang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here