Fenomena Hujan Es di Magelang, Bagaimana Bisa?

0
1771
Hujan es di Magelang. Itjeher.com

Hujan es yang baru terjadi di Malang, pada hari Rabu, 24 Januari 2018 kemarin merupakan salah satu fenomena alam yang sangat jarang terjadi. Kejadian ini terjadi berupa jatuhnya gumpalan es kecil disertai lebatnya hujan.

Apa sebenarnya yang terjadi hingga muncul hujan es di Indonesia, tepatnya di kota Magelang? Apakah ini sama dengan hujan salju?

Hujan ini berbeda dengan salju. Hal ini terjadi seperti hujan di mana pembentukannya melalui kondensasi uap air dan mengalami pendinginan di atmosfer pada lapisan di bawah level beku. Di atas, terdapat gumpalan es berukuran besar, di mana ketika sudah cukup besar untuk tertarik gravitasi, akan jatuh ke tanah dalam bentuk gumpalan es. Meski jatuh ke bawah yang suhunya relatif lebih hangat, es tidak langsung mencair, dan akan mencari saat jatuh ke bumi.

Hujan ini biasanya terjadi di bawah ketinggian 3.400 meter, di mana terjadi titik pembekuan. Pergerakan udara kering yang masif menyebabkan awan cumolonimbus tingkat bekunya menurun. Maka akhirnya hujan cumolonimbus besat terjadi, namun masih dalam bentuk gumpalan es.

BACA JUGA:

Menanti Gerhana Bulan Total di Jakarta

Panik Gempa, Ani Yudhoyono Sempat Unggah Foto Instagram

Felicya Angelista Dipolisikan jadi Peringatan Memilih Tayangan TV

Hujan es ini sendiri sebenarnya tidak lazim terjadi di daerah tropis karena atmosfer di sini cenderung hangat di ketinggian yang lebih tinggi. Namun, daerah tropis seperti di daerah Magelang mungkin mengalami hujan ini, karena berada di daerah tinggi. Selain itu, jarak awan yang mengalami titik beku cukup dekat dengan bumi sehingga bongkahan es belum mencair, dan terjadilah hujan es.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here