Order Fiktif Meresahkan, Ini Tips Belanja Online Aman

0
1867
order fiktif itjeher.com

Belakangan ini order fiktif jadi isu yang meresahkan pengguna situs atau aplikasi untuk transaksi jasa maupun belanja online. Yang paling baru adalah kasus order fiktif Lazada yang merugikan konsumen hingga Rp22.000.000. Kasus ini tentu jadi perhatian mengingat perusahaan yang tertimpa memiliki nama besar.

Walau kasus order fiktif akhirnya telah terselesaikan dan pihak Lazada memberi ganti rugi pada konsumen yang dikecewakan, bukan berarti ada jaminan keamanan pasti saat berbelanja berikutnya.

BACA JUGA :

Tips Kencan Online yang Patut Disimak

Anti Repot ! Belanja Sayur Lewat HP

Kemudahan belanja online lewat memang mudah membuai konsumen untuk tidak teliti sebelum membeli. Bahkan ketika sudah teliti sekalipun, ada saja resiko yang ternyata didapat. Tapi sesungguhnya sebagai konsumen pintar banyak cara bisa ditempuh untuk belanja online dengan lebih aman.

order fiktif itjeher.com

Ini diantaranya :

  • Sebelum memasukkan detail kartu pembayaran ke dalam formulir situs, pastikan situs aman. Di bagian tab alamat dimulai dengan https:// s adalah singkatan untuk secure atau aman.
  • Pastikan situs meminta password atau OTP (One Time Password) sebelum pembayaran disetujui.
  • Hindari berbelanja online di tempat umum. Jika kamu menggunakan Wi-Fi di tempat umum, kamu tidak bisa memastikan apakah jaringan yang digunakan aman atau tidak.
  • Pakai fasilitas pihak ketiga untuk keamanan ganda. Situs seperti paypal bisa melindungi dari tindak kecurangan, karena kamu menyimpan detail akun bank di pihak ketiga, tidak langsung ke situs berbelanja. Sehingga situs berbelanja tidak bisa melihat detail akun bank secara langsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here