Apakah Gerhana Bulan Berpengaruh Pada Ibu Hamil?

0
1484
Pengaruh Gerhana Bulan untuk Ibu Hamil. Itjeher.com

Gerhana bulan total akan terjadi pada hari ini, Rabu 31 Januari 2018, sekitar pukul 17.00 hingga 23.00 nanti. Fenomena alam yang tidak biasa ini dipercaya memiliki dampak untuk banyak hal, termasuk mitos yang mengatakan juga berpengaruh bagi ibu hamil.

Kepercayaan ini berasa dari berbagai negara, salah satunya diduga berasa dari kaum Aztek, yaitu yang menyebutkan bahwa gerhana adalah hasil dari sebuah gigitan pada bulan. Selain suku Aztek, mitos ini juga dikaitkan dengan takhayul di Meksiko, yang percaya jika seorang ibu hamil melihat gerhana, makan wajah anaknya bisa cacat karena digigit.

Sedang di India terdapat beberapa larangan untuk ibu hamil selama gerhana bulan berlangsung. Ibu hamil dilarang keluar rumah melihat gerhana dengan mata telanjang karena dipercaya dapat membuat anak cacat. Ibu hamil juga dilarang menggunakan benda tajam selama gerhana karena bisa menyebabkan bibir sumbing bagi anak atau kelainan tanda lahir. Masak, makan dan minum juga dilarang, serta pastikan semua jendela dan pintu tertutup agar tidak ada sinar bulan yang masuk ke dalam rumah. Terakhir, jangan lupa untuk mandi setelah proses gerhana bulan selesai.

BACA JUGA:

Apakah Gerhana Bulan ada Kaitannya dengan Gempa Belakangan Ini?

Gerhana Bulan Kali Ini Berwarna Merah Seperti Kisah Wiro Sableng

Menanti Gerhana Bulan Total di Jakarta

Namun menurut sisi kedokteran, mitos-mitos tersebut dibilang tidak benar dan belum terbukti secara ilmiah. Menurut seorang ahli, tidak akan ada hal yang terjadi pada bayi yang terdapat dalam kandungan selama gerhana terjadi. Jadi bagi ibu-ibu hamil yang tidak percaya mitos, sah-sah saja jika ingin menyaksikan gerhana bulan nanti malam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here