Tips Keuangan Agar Tenang di Tanggal Tua

0
971
Tips Keuangan. Itjeher.com

Membaca tips keuangan terkadang seperti melihat teori yang tidak pernah bisa dipraktekkan. Apalagi jika kamu adalah orang yang ceroboh dan tidak berhati-hati, pasti mengatur alokasi uang bulanan merupakan hal yang mustahil untuk dilaksanakan.

Meski sudah memiliki pendapatan tetap, bukan berarti kamu lepas dari masalah keuangan. Apalagi jika kamu tidak apik mengaturnya, gaji sebesar apapun tidak akan cukup membiayai kebutuhanmu tiap bulan.

Namun tenang saja, ternyata ada langkah sederhana yang tidak memusingkan untuk mengatur keuangan. Dengan tips keuangan berikut, kamu tidak lagi perlu sedih dan khawatir ketika tanggalan telah mendekati akhir bulan.

Jangan terlalu bahagia saat gajian

Banyak orang yang sangat bahagia ketika mengecek tabungan di hari gajian. Perilaku ini yang biasanya menyebabkan pengeluaran berlebihan di awal bulan, dan kekurangan uang di akhir bulan. Karena, kebahagian saat gajian dapat memicu kamu untuk segera bersenang-senang, hingga berbelanja barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

BACA JUGA:

Tips Hemat Saat Musim Liburan

Zodiak Sagitarius, Simak Tips Keuangan Ini

Tips Keuangan Bagi Si Boros

Langsung masuk tabungan

Bukan berarti semua gaji kamu langsung masuk tabungan ya. Namun, sebaiknya sisihkan sekitar 15 persen gaji untuk langsung dimasukkan ke rekening terpisah sebagai tabungan kamu. Dengan begini, kamu akan merasa enggan menyentuh rekening tersebut.

Gunakan tabungan deposito

Jika kamu tetap tergoda menggunakan rekening tabungan, kamu bisa menggunakan tabungan jenis deposito. Jenis tabungan ini biasanya langsung dipotong dari tabungan kamu, dan tidak bisa diambil hingga tanggal tertentu.

Siapkan dana untuk hiburan

Jangan sampai kamu sibuk menabung dan tidak bisa bersenang-senang. Karena itu, selalu buat anggaran dana untuk hiburan yang bisa kamu gunakan untuk jalan-jalan, belanja, atau liburan. Sisihkan sekitar 15 persen dari keseluruhan gaji. Dengan tips keuangan di atas, dijamin, kamu tidak lagi merasa keuangan kamu berantakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here