Lapor SPT Pajak Online, Mudah dan Bermanfaat

0
1294
Lapor SPT Pajak Tahunan itjeher.com

SPT atau Surat Pemberitahuan Tahunan dari Pajak Penghasilan (PPh) wajib dilaporkan setiap tahun. Tahun ini pelaporannya sudah bisa dilakukan secara online atau melalui e-filling. Caranya pun mudah, karena bisa dilakukan melalui aplikasi dan gratis.

Yang ingin mengisinya perlu mengunduh formulir aktivasi identitas digital yang disebut EFIN (Electronic Filing Identification Number) terlebih dahulu, sebelum akhirnya melaporkan SPT pajak tahunan pribadi lewat www.online-pajak.com.

Setelah menyelesaikan proses, pelapor akan menerima bukti penerimaan elektronik yang artinya telah memenuhi kewajiban perpajakannya. Yang wajib melaporkan adalah pribadi termasuk warisan yang terbagi, karyawan dan freelancer.

BACA JUGA :

Tips Keuangan Agar Tenang di Tanggal Tua

Tips Keuangan agar Irit Hingga Akhir Bulan

Zodiak Sagitarius, Simak Tips Keuangan Ini

Membayar pajak memang bukan hanya sekedar kewajiban belaka, tapi memiliki banyak manfaat bagi negara yang akan berdampak pada diri sendiri. Dengan membayar pajak, akan ada dana yang dialirkan ke fasilitas umum dan infrastruktur seperti jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit dan puskesmas. Ada juga dana yang dialirkan ke pertahanan dan keamanan hingga subsidi atas pangan dan Bahan Bakar Minyak. Bahkan dana juga digunakan untuk kelestarian lingkungan hidup dan budaya.

Dengan melaporkan SPT tahunan pajak, artinya masyarakat terlibat membangun negara dan jadi lebih peduli dengan pembangunan di sekitarnya. Ada rasa tanggung jawab untuk ikut mengawasi kemana dana dialirkan, dan tentunya semakin berhak untuk melemparkan kritik terhadap fasilitas yang diberikan oleh negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here