Kenapa Fitur GIF di Instagram Dihapus?

0
856
GIF Instagram. Itjeher.com

Belakangan ini, fitur GIF di media sosial Instagram menjadi fitur favorit banyak orang. Tak perlu banyak menulis kata-kata, orang bisa langsung menangkap pesan yang kamu maksud lewat gambar bergerak singkat tersebut. Namun, beberapa hari ini, fitur tersebut tidak lagi tersedia di dalam aplikasi Instagram, ada apa?

Ternyata Instagram dan juga Snapchat untuk sementara memblokir fitur tersebut dari aplikasi mereka. Hal ini disebabkan karena adalah laporan konten rasisme yang terkandung di dalam stiker GIF pada kedua platform tersebut.

Konter rasisme yang dimaksud di sini adalah gambar bergerak dengan sisipan kata sensitif yang dikenal dengan istilah “N-word”. Diketahui lebih lanjut, GIF tersebut berasal dari perpustakan Giphy yaitu mitra dari Instagram dan Snapchat. Hingga saat ini, pihak Instagram telah menghentikan integrasi sembari pihak Giphy melakukan investigasi kasus tersebut.

BACA JUGA:

Belajar dari Kasus Cyber Bullying Artis Indonesia

Serunya Belajar Berjualan Lewat Sosial Media

Mengenal Putri Indonesia 2018, Sonia Fergina Citra

Hal yang sama juga disampaikan pihak Snapchat. Menurut mereka, akses GIF ini seharusnya aman diakses oleh remaja umur 13 tahun hingga orang dewasa. Namun dengan kejadian ini, membuat tamparan bagi pihak Instagram dan Snapchat, dan terutama Giphy.

Pihak Giphy pun angkat bicara, menurut mereka gambar bergerak bernuansa rasisme ini menyebar karena ada bug pada sistem penyaringan GIF. Namun, pihak Giphy menyatakan telah memperbaikin bug tersebut dan mengatur ulang semua gambar yang ada di perpustakaan GIF mereka. Lalu bagaimana kelanjutannya? Apakah pengguna Instagram masih bisa menikmati fitur GIF ini lagi di kemudian hari?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here