Hari Raya Nyepi 2018 itjeher.com

Saatnya Warga Bali Detoks Internet di Hari Raya Nyepi 2018

Hari Raya Nyepi 2018 yang jatuh pada hari Minggu tanggal 18 Maret jadi waktu yang tepat bagi umat Hindu untuk melakukan refleksi diri dalam kesunyian. Hari raya yang dirayakan pada hari pertama kalender lunar Saka ini akan menjadikan Bali yang biasanya hiruk pikuk dengan kegiatan pariwisata jadi sunyi seketika.

Perayaan ini dipercaya sebagai bentuk tanggung jawab manusia menjaga keseimbangan alam di bumi. Saat menjalankan nyepi, biasanya semua peralatan elektronik seperti TV dan radio akan dimatikan, jalanan akan senyap dan lenggang karena masyarakat tidak melakukan kegiatan di luar rumah.

Walau berlangsung sunyi, di Nyepi sebelumnya masyarakat Bali masih bisa menggunakan internet, bahkan saling memberi berita lewat media sosial. Di Hari Raya Nyepi 2018 kali ini, ternyata ada usulan untuk mematikan internet sepenuhnya.

Usulan ini datang dari Majelis-majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali, dan telah dibenarkan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara. Ujaran mematikan internet di seluruh Bali jadi cara yang ditempuh untuk menjaga kekusyukan saat menjalankan ibadah.

BACA JUGA :

Stephen Hawking Meninggalkan Warisan berupa Kata Mutiara

Putus Baik-baik Ala Gigi Hadid dan Zayn Malik

Gerai Tulisan di Plaza Senayan Pindah Tempat

Hari Raya Nyepi 2018 itjeher.com

Kemeninfo sendiri menjadikan usulan ini sebagai ujaran pada operator komunikasi, tapi tetap menyerahkan keputusan penghentian internet pada masing-masing operator.

Saat ini operator yang akan menjalankan ujaran tersebut adalah Telkomsel. Semua perangkat komunikasi digital akan dimatikan selama pelaksanaan nyepi, kecuali objek-objek vital seperti bandara, rumah sakit, lebutuhan keamanan TNI dan Polri serta kepentingan umum lainnya.

Dengan adanya pantangan selama nyepi untuk tidak bersenang-senang, kebutuhan internet di zaman ini memang jadi godaan yang sangat berat untuk dihentikan. Bagi yang sedang berniat detoks internet sepenuhnya, merayakan Hari Raya Nyepi 2018 di Bali jadi cara yang bisa dicoba.

More Stories
Gojek Ganti Logo untuk Akomodasi Semua Layanan