Memanfaatkan THR Secara Bijak

0
714
Mengatur THR. Itjeher.com

Sebentar lagi, bulan Ramadhan telah tiba, artinya, THR atau Tunjangan Hari Raya akan segera kamu terima. Banyak orang yang telah merencanakan apa saja barang yang ingin dibeli ketika tunjangan ini turun.  Tak heran, hal ini menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu banyak orang.

Namun tahukah kamu, bahwa pola pikir yang demikian membuat uang tunjangan kamu akan hilang dalam sekejap? Tak terasa, dalam waktu singkat saldo di tabungan kamu sudah mendekati habis lagi. Lantas apa yang harus dilakukan?

Berikut beberapa tips agar kamu bisa menggunakan uang THR dengan bijak.

Utamakan kebutuhan hari raya

Sesuai dengan namanya, lebih baik gunakan uang ini untuk memenuhi kebutuhan hari raya. Misalnya untuk membeli tiket mudik, baju lebaran, atau memberikan THR bagi saudara dan kerabat. Persiapan hari raya seperti belanja bahan makanan dan kebutuhan lainnya juga patut diperhitungkan.

Tabungan

Ketika mendapatkan tunjangan, pastinya kamu juga ingin menambah tabungan. Namun hal ini menjadi mustahil karena banyaknya pengeluaran yang dilakukan selama liburan. Maka itu, sebaiknya pisahkan uang yang akan ditabung di awal. Jangan terlalu banyak, karena kebutuhan hari raya memang tidak sedikit, pisahkan kira-kira sepuluh persen dari total uang yang kamu terima.

BACA JUGA:

Mariah Carey akan Bernyanyi di Borobodur

Danur 2 : Tempat Spesial Film Horor di Hati Penonton Indonesia

Menkominfo Sebut Data Facebook Bocor, Kamu Suka Ikut Kuisnya?

Lunasi hutang

Merasa memiliki hutang? Segera lunasi dengan uang THR selagi bisa. Memiliki hutang yang berlarut-larut dapat membuat keadaan finansial kamu bertambah kacau. Apalagi jika kamu memiliki tagihan kartu kredit yang selama ini terbengkalai, segera lunasi.

Sumbangkan

Selain digunakan untuk diri sendiri, ada baiknya rezeki di bulan Ramadhan ini dibagi dengan orang lain. Dengan begitu, banyak tangan yang terbantu dengan sedekah dari THR yang kamu berikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here