Kunjungi Perpustakaan Nasional RI yang Bikin Betah

0
273
Foto: Instagram. itjeher.com.

Kini, Indonesia memiliki gedung perpustakaan Nasional terlengkap. Dibuka pada bulan Oktober 2017 lalu, Perpustakaan Nasional RI yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan no. 11, Jakarta Pusat, menjadi tempat yang layak untuk membaca, mencari referensi dan mengerjakan tugas.

Dibuka oleh Presiden Jokowi, gedung 27 lantai ini menjadi gedung tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan. Yaitu 24 lantai operasional dan 3 ruang bawah tanah. Saat memasuki halaman depan perpustakaan, kebanyakan akan bingung karena yang tampak adalah rumah lawas satu tingkat. Inilah yang lobi awal Perpustakaan Nasional RI yang lama. Rumah tersebut kini dijadikan ruang pameran berbagai instalasi seni yang menarik.

Foto: Instagram. itjeher.com.

BACA JUGA :

Peluncuran Buku Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese

Cerita Calon Ibu di Acara Peluncuran Buku Anti Panik Menjalani Kehamilan

Di lantai dasar terdapat rak buku yang tingginya mencapai lantai empat.  Lantai dua terdapat pusat informasi, pembuatan kartu anggota, dan loker penitipan tas. Jangan lupa mampir ke lantai dua, karena untuk membaca di Perpustakaan Nasional RI dilarang membawa tas. Kartu anggota juga berfungsi untuk peminjaman buku langsung atau mengakses buku lewat online.  Setiap lantai di Perpustakaan Nasional RI mencerminkan koleksi buku tersebut. Misalnya pada lantai 14 terdapat koleksi buku langka, kemudian lantai 21-24 terdapat koleksi buku umum. Di lantai teratas, lantai 24 juga terdapat executive lounge dan menjadi tempat yang tepat untuk melihat panorama areal Monas.

Untuk yang membawa anak, jangan lewatkan berkunjung ke lantai tujuh tepatnya di Ruang Layanan Anak. Di sana terdapat koleksi buku anak dan ruang baca yang nyaman. Di lantai tujuh juga terdapat Ruang Lansia dan Penyandang Disabilitas. Ada koleksi buku huruf braille dan komputer khusus bagi penyandang disabilitas.  Bagi yang ingin menunaikan ibadah shalat tersedia mushala di lantai enam. Sedangkan di lantai tujuh terdapat kantin.

Foto: Instagram. itjeher.com.

Selain koleksi buku, Perpustakaan Nasional RI juga memiliki koleksi audiovisual, foto, peta, dan lukisan yang dapat dilihat oleh pengunjung. Tak jarang juga ada pameran berkala di Perpustakaan Nasional RI. Ruangan nyaman dan bersih di setiap lantai membuat pengunjung yang hadir betah lama-lama disana.

Kunjungi Perpustakaan Nasional RI yang dibuka dari pukul 08.00-18.00 WIB pada hari Senin-Jumat. Sedangkan pada akhir pekan buka pada pukul 08.00-16.00 WIB.

Untuk informasi lengkapnya, kunjungi websitenya di www.perpusnas.go.id atau Instagram : @perpusnas.go.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here