Agar Rumah Aman Selama Mudik, Perhatikan Ini

0
674
Rumah Aman Selama Mudik, Foto Pixabay. Itjeher.com

Mudik sudah di depan mata, semua persiapan dan tiket juga sudah di tangan. Biasanya, di saat seperti ini banyak rumah yang juga kosong. Selain karena pemilik rumah yang pulang kampung, biasanya penjaga atau asisten rumah tangga juga pulang ke kampung masing-masing.

Walau meninggalkan rumah sudah menjadi hal biasa, namun kita tetap harus berhati-hati. Agar tidak was-was selama perjalanan mudik, berikut tips yang bisa dilakukan agar rumah tetap aman.

Kunci ganda pintu rumah

Pengamanan ganda wajib dilakukan agar orang tidak dengan mudah masuk ke rumah kamu. Misalnya jika kamu hanya menggunakan kunci untuk mengamankan rumah, tambahkan gembok atau palang yang tidak mudah dibuka.

Titip tetangga

Pencuri biasanya mengamati rumah terlebih dahulu. Jika ada tanda-tanda rumah kosong seperti surat kabar yang bertumpuk di depan rumah, ia akan masuk dengan mudah. Karena itu, pastikan kamu minta tolong ke tetangga untuk menerima surat atau koran sehingga tidak menumpuk.

Pasang lampu otomatis

Lampu yang menyala saat lingkungan telah gelap, dan padam saat sudah terang dapat menjadi investasi yang bagus untuk keamanan rumah. Karena biasanya pencuri melihat rumah yang tidak padam lampunya bahkan di siang hari.

BACA JUGA:

Tips Mudik Lebaran Lancar dan Aman

Jokowi ajak Ratusan Influencer untuk Sukseskan Asian Games 2018

Vans dan Marvel Ciptakan Sneakers Superhero

Hindari pamer di medsos

Jika kamu ingin bepergian, hindari memberi informasi lengkap di medsos. Memperlihatkan pergi sama seisi rumah, menunjukkan tempat tujuan, dapat membuat orang tahu detail perjalanan kamu. Wajar jika kamu ingin menunjukkan sedang pergi atau mudik di media sosial, tapi hindari mengunggah terlalu sering sehingga orang memahami apa saja dan dimana kamu sedang berkegiatan tiap saat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here