Tips Bebas Mabuk Saat Mudik Lebaran

0
13
Bebas Mabuk Perjalanan, Sumber Foto Pixabay.Itjeher.com

Mudik Lebaran erat kaitannya dengan perjalanan antar kota atau antar pulau. Entah itu naik pesawat, kereta, kapal laut, ataupun jalan darat. Perjalanan yang terkadang membutuhkan waktu lama ini, biasanya menyebabkan mabuk perjalanan.

Biasanya, mabuk di perjalanan saat mudik lebaran disebabkan karena motion sickness. Ini adalah sinyal campuran dari mata dan telinga bagian dalam yang membuat otak mengolah informasi yang berbeda. Apa yang harus dilakukan agar mabuk di perjalanan tidak terjadi? Berikut paparannya.

Hindari main HP atau baca buku

Apakah kamu sering main HP atau baca buku agar tidak bosan? Sebaiknya jangan lakukan ini saat mudik. Konsentrasi pada objek visual di dalam mobil dapat memperburuk kondisi tubuh. Pastikan mata fokus pada objek visual di luar kendaraan. Rasa jenuh dapat diatasi dengan mendengarkan musik lewat earphone atau menyalakan radio di mobil.

Tidur

Banyak orang yang memilih tidur agar tidak mengalami mabuk perjalanan. Hal ini ternyata benar dilakukan, akrena informasi visual dan sinyal tubuh yang berbeda tidak akan terasa dalam mata tertutup.

Makan

Perut kosong akan membuat asam lambung naik dan membuat tubuh mudah merasa mual. Sebaiknya, isi dulu perut kira-kira satu jam sebelum perjalanan. Hindari makanan berminyak yang mudah membuat mual.

BACA JUGA:

Agar Rumah Aman Selama Mudik, Perhatikan Ini

Jokowi ajak Ratusan Influencer untuk Sukseskan Asian Games 2018

Vans dan Marvel Ciptakan Sneakers Superhero

Permen

Permen jahe atau mint dapat mengurangi rasa mual. Selain itu, konsumsi permen dapat meningkatkan produksi air liur yang mampu menetralkan asam lambung. Permen dapat menjadi penyelamat kamu saat mual di perjalanan mudik Lebaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here