Tips Menggunakan Media Sosial agar Tidak Mudah Stres

0
1595
foto : dok. pixabay. itjeher.com.

Media sosial yang semakin “ menemani “ kehidupan manusia, tentunya memberi keceriaan atau warna tersendiri. Namun tahukah kamu ? pada tahun 2015, peneliti pada Pew Research Center yang berbasis di Washington DC melakukan survei dan mendapatkan hasil bahwa dari 1800 orang pengguna media sosial kebanyakan mengalami stres dan depresi.

Satu lagi penelitian yang melibatkan lebih dari 700 siswa disana, menemukan bahwa gejala depresi, seperti suasana hati yang rendah dan perasaan tidak berarti dan tanpa harapan, terkait dengan kualitas interaksi online. Para peneliti menemukan gejala depresi yang lebih tinggi di antara mereka yang menggunakan platform media sosial.

BACA JUGA :

Media Sosialita, Buku Terbaru dari Nadia Mulya & Joy Roesma

Jangan Sembarang Unggah Foto Anak di Media Sosial

Bagaimana agar hal ini tidak terjadi pada kamu. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap media sosial :

  1. Batasi jumlah waktu yang kamu habiskan di media sosial setiap harinya dengan menggunakan alarm atau stopwatch untuk mengontrol penggunaan sosial media.
  2. Media sosial digunakan untuk mendapatkan informasi terbaru, jika kamu menggunakan media sosial untuk itu, maka carilah alternatif lain untuk mendapatkan info. Misalnya membaca situs berita (bukan dari akun media sosial), membaca koran, atau menonton berita di televisi.
  3. Mencari kegiatan lain bisa mengurangi intensitas kamu mengunjungi media sosial. Semakin sibuk, tentu semakin tidak ada waktu banyak untuk terpaku pada sosial media. Coba alihkan perhatian dengan olahraga, membaca buku atau kumpul bersama orang-orang terdekat tanpa menggunakan gadget.
  4. Hapus Aplikasi Media Sosial dari Smartphone atau Tablet. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghapus seluruh aplikasi sosial media yang ada pada smartphone atau tablet kamu. Memang beberapa sosial media – seperti Facebook atau #Twitter – dapat diakses melalui browser, namun ingatlah tujuan kamu untuk bebas dari ketergantungan sosial media setiap kali ingin membukanya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here