Cara Mengurangi Jet Lag dengan Mudah Saat Pulang Mudik

0
242

Setelah melakukan perjalanan jauh saat mudik, kamu akan merasakan perubahan pada tubuh. Apalagi jika menggunakan pesawat dan melintasi beberapa zona waktu, maka kamu mengalami jet lag yang membuat tubuh terasa lelah secara berlebih dan selalu mengantuk.

Namun jet lag tidak hanya terjadi pada saat perjalanan yang melintasi waktu, namun ada beberapa hal yang bisa juga terjadi pada saat kamu mudik dan mengganggu kualitas tidur kamu, yaitu kurangnya cairan pada saat perjalanan, mengonsumsi kopi terlalu banyak, makan tidak teratur, kurang tidur dan juga stres. Akibatnya  kamu akan mengalami gangguan tidur, seperti insomnia, tidur berlebihan, atau bangun terlalu cepat, gangguan pencernaan, seperti konstipasi atau diare, merasa kelelahan dan kehabisan energi, pusing dan sakit kepala hingga nyeri otot.

BACA JUGA :

Isi Libur Lebaran dengan Jalan-Jalan ke Alive Museum Ancol

Ingin Tahu Tempat Wisata yang Punya Antrean Panjang ? 

Jet lag bukanlah kondisi medis yang serius dan berkelanjutan. Kondisi ini akan membaik dengan sendirinya dalam jangka waktu sekitar dua hari. Untuk mengurangi dampak dari jet lag, kamu bisa melakukan beberapa hal dibawah ini :

  1. Usahakan makan sesuai dengan jam makan di zona waktu yang tepat.
  2. Kembali tidur di zona waktu yang sesuai.
  3. Lakukan aktivitas di luar ruangan agar tubuh kembali menyesuaikan dengan rutinitas sehari-hari.
  4. Membatasi paparan cahaya terang, sebab paparan cahaya terang menjadi salah satu hal yang mempengaruhi jam internal tubuh.
  5. Banyak minum air putih untuk mengembalikan kadar air yang berkurang dalam tubuh.
  6. Hindari konsumsi kafein untuk sementara waktu.

Penulis : Rani Ayu Utami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here