Matt Damon berkunjung ke Desa di Indonesia untuk Memajukan Program Air Bersih

0
547
foto : instagram/itjeher.com.

Aktor terkenal Hollywood, Matt Damon, berkunjung ke Indonesia. Tepatnya ke Kabupaten Batang dan Kendal, Jawa Tengah, pada tanggal 3 hingga 5 Juli 2018 kemarin. Pasalnya, Matt Damon yang menjabat sebagai co-founder Water.org, sangat peduli dengan air bersih yang ada di daerah tersebut.

Sesampainya di Jawa Tengah, Matt Damon yang ditemani Gary White, CEO Water.org, mengunjungi Desa Kertosari yang berada di Kabupaten Batang untuk menghadiri pertemuan dengan Pusat Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA). Dalam pertemuan tersebut, Matt Damon berbicara mengenai  pentingnya air bersih dan sanitasi.

Komida adalah salah satu mitra pertama Water.org Indonesia yang memiliki 230 cabang dari Aceh di Barat ke Pulau Timor di Timur Indonesia dan 502.000 klien dengan 100 persen adalah perempuan. Sampai saat ini, Komida telah menyalurkan pinjaman air dan sanitasi  kepada 18.588 klien dan berdampak pada kehidupan 69.173 orang.

foto : instagram/itjeher.com.

BACA JUGA :

Dengan Penampilan Wonder Woman, Gal Gadot Beri Kejutan di Rumah Sakit Anak

Mengapa Meghan Markle Selalu Pilih Baju Warna Netral?

Song Hye Kyo Akan Beradu Akting dengan Park Bo Gum

Setelah mengunjungi Desa Kertosari, mereka melanjutkan perjalanan ke Desa Denasri Kulon yang masih di Kabupaten Batang dan juga sebuah pesanten di Desa Selopanjang Barat, Kabupaten Batang. Sebanyak 50 anak yang berada di pesantren tersebut melakukan perbincangan yang bermanfaat dengan Matt dan Gary tentang pentingnya kebersihan dan sanitasi bagi kehidupan mereka.

Kunjungan tiga hari Matt dan Gary di Indonesia ini telah memberi pengetahuan tentang program Water.org di Indonesia secara mendalam. Terutama tentang kondisi akses air dan sanitasi yang sesungguhnya di Indonesia, khususnya di Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di Jawa Tengah. Dan tidak hanya itu, anggota Koperasi Komida juga kembali memberi keterangan dan cerita  tentang air dan sanitasi yang bisa mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.

Misalnya saja salah satu anggota Komida, Wanuti (35), bersemangat menunjukkan kepada Gary White dan Matt Damon toilet baru mereka yang dapat dibangun dari pinjaman sanitasi Komida. Sudah bertahun-tahun Wanuti dan tiga anaknya harus antre untuk mandi dan buang hajat di kamar mandi umum. Berkat Kredit Sanitasi yang diberikan Komida, dia dan keluarganya kini punya jamban dan kamar mandi yang ideal serta dibangun dan dihasilkan atas usaha sendiri.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here