Indonesia Memperingati Hari Disabilitas Internasional 2018

0
792

Hari ini tepatnya tanggal 3 Desember 2018, seluruh dunia memperingati Hari Disabilitas Internasional atau the United Nations International Day of Persons with Disabilites, yang sejak tahun 1992 sudah dicanangkan oleh Majelis Umum PBB.

Pencanangan ini merupakan bentuk penghargaan terhadap jasa, peran dan kemampuan para penyandang disabilitas, sekaligus momentum bagi masyarakat internasional memperhatikan dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi para penyandang disabilitas.

BACA JUGA :

Dari Mulai H&M Hingga Burberry Berjanji Kurangi Sampah Plastik

Creed 2 Menyisakan Porsi untuk Penggemar Rocky Balboa

Di Indonesia, HDI dimaknai sebagai bentuk pengakuan terhadap disabilitas, peneguhan komitmen seluruh bangsa, dan membangun kepedulian dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan disabilitas.

Tahun ini, pemerintah Indonesia memutuskan tema nasional HDI 2018 adalah “Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas”. Keputusan ini diambil dalam rapat koordinasi yang menghadirkan sejumlah kementerian dan  lokasi penyelenggaraan acara puncak peringatan HDI tersebut, disepakati di kawasan Bandung, Jawa Barat.

Untuk memeriahkan acara tersebut, serangkaian acara pun disiapkan. Di antaranya, Talkshow Disabilitas di Radio dan Televisi, Lomba Vlog terkait Hari Disabilitas Internasional, dengan like  terbanyak di Youtube, Lomba Poster terkait Hari Disabilitas Internasional, dengan jumlah love atau likes terbanyak di Instagram, Lomba Inovasi Teknologi bidang Disabilitas (misalnya aplikasi-aplikasi mobile based/web based yang membantu kemudahan penyandang disabilitas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here