5 Hal Mengenai Katerdral Notre Dame yang Bersejarah

0
1937
Katerdral Notre Dame

Pada hari senin tanggal 15 April 2019 kemarin, media sosial banyak menampilkan foto dan video Katedral Notre Dame yang terbakar habis hingga puncak menara gereja itu runtuh. Tentunya sangat menyedihkan bagi semua orang, khususnya warga Paris yang seminggu lagi akan merayakan Paskah.

Bangunan tua ini tidak hanya dicintai oleh umat Kristen, namun juga menjadi gedung bersejarah yang wajib dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia bila berada kota Paris. Masih belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, tetapi pemadam kebakaran Paris menduga karena “kecelakaan” dalam proses renovasi Katedral itu.

BACA JUGA :

Sejauh Mata Memandang Merampok Plastik Demi Lingkungan

Hotel Mumbai Sajikan Kisah Nyata dan Aksi Dev Patel

Bangunan bersejarah yang juga memiliki nama Our Lady ini, dikunjungi 13 juta wisatawan setiap tahunnya atau lebih banyak ketimbang Menara Eiffel. Gereja ini terletak di pulau kecil di Sungai Saine, Ile de la Cite.

Berikut 5 hal mengenai Katedral Notre Dame yang wajib kamu ketahui :

  1. Katedral Notre Dame dibangun pada 1163 pada masa pemerintahan Raja Louis VII dan Paus Alexander III melakukan peletakan batu pertama sebagai pondasi Notre Dame. Pembangunan Norte Dame memakan waktu selama hampir 200 tahun.
  2. Katedral ini dipandang sebagai salah satu contoh terbaik arsitektur Gothik Prancis. Penambahan kubah bertulang dan penopang layang, jendela mawar raksasa yang puspawarna, gaya naturalisme, dan hiasan pahatan membuat Notre-Dame tampil berbeda dibandingkan dengan arsitektur Romanesque lama.
  3. Bangunan ini juga menjadi saksi sejumlah momen bersejarah di Prancis. Mulai dari pengangkatan Henry VI dari Inggris menjadi Raja Prancis pada 1431 hingga penobatan Napoleon Bonaparte sebagai kaisar Prancis pada 1804.
  4. Di dalam Katedral Notre Dame, juga terdapat banyak artefak bersejarah, salah satunya adalah organ abad ke-17 yang terkenal dengan semua bagiannya masih berfungsi. Ada juga gambar, kerangka, dan ukiran yang menunjukkan misteri lama dan tersembunyi dari beberapa perkembangan gereja dan bagaimana Kota Paris terbentuk.
  5. Bangunan ini sudah diakui UNESCO sebagai situs bersejarah dan sebagai lokasi wisata yang tidak pernah mati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here