Memperingati Hari Bumi dengan Menyelamatkan Laut

0
674
Polusi Sampah Plastik di Lautan. Itjeher.com
Polusi Sampah Plastik di Lautan. Itjeher.com

Hari ini, tanggal 22 April selalu diperingati sebagai Hari Bumi. Peringatan ini juga menjadi salah satu momen penting untuk menanggapi salah satu isu darurat di dunia, yaitu permasalahan sampah dan pencemaran lautan.

Maka itu, para komunitas pecinta lingkungan dan beragam komunitas lainnya hari ini melakukan bersih-bersih pantai dari sampah. Salah satunya oleh Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam di Jawa Tengah, yang melakukan aksi membersihkan pantai, dan juga penanaman 6500 bibit pohon mangrove.

BACA JUGA:

Tas Modis Hasil Rajutan Kresek Kreskros

Berbagai Produk Halal di Halal Park GBK

Begitu juga para warga Luwu di Sulawesi Selatan yang melakukan aksi bersih-bersih pantai bersama komunitas pecinta alam dalam rangka memperingati Hari Bumi. Di Jakarta sendiri, Sea World Ancol mengadakan diskusi bertema “Save The Ocean From Plastic Pollution”.

Acara tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran para pengunjung pantai, khususnya di Ancol agar lebih peduli laut, dan menjaga kebersihan dan keindahan pantai dan lautan. Sebelum peringatan Hari Bumi, banyak acara serupa yang dilakukan oleh para aktivis lingkungan untuk menyadarkan para pengunjung pantai agar lebih “sadar” ketika berkunjung dan bermain di sekitar pantai dan laut.

Isu sampah plastik yang terdapat di lautan memang sudah di dalam tahap serius. Selain mengotori lautan, berbagai makhluk hidup di lautan sudah teracuni oleh partikel yang berasal dari plastik. Maka itu, edukasi dan kampanye untuk menjaga kebersihan dan mengurangi sampah plastik amat penting untuk dilakukan kepada semua kalangan masyarakat.

Banyak sekali hal kecil yang bisa dilakukan untuk menghindari bertambahkan limbah plastik. Mulai dari menolak sedotan plastik, membawa kantong belanja sendiri, hingga membawa alat makan untuk menghindari sendok garpu sekali pakai.

Ayo berbagi pengalaman kamu untuk menyelamatkan bumi dengan itjeher.com. Caranya, unggah foto yang berkaitan dengan langkah kamu dan ceritanya di Instagram, sertakan tagar #haribumi dan #itjeherpedulibumi. Jangan lupa mention @itjeher ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here