Yuk ! Mulai Diet Botol & Kantong Plastik

0
1662

Kantong plastik yang menjadi musuh laut kita dan juga membahayakan kehidupan manusia, semakin lama harus kita hindari. Di Jakarta sendiri, kantong plastik ditemukan sebanyak 240 juta-300 juta lembar per tahun. Jika diakumulasikan, jumlah sampah plastik akan mencapai 1.900 sampai 2.400 ton per tahun.

Hal ini berdasarkan riset dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP)  yang menyebutkan bahwa kantong plastik dan styrofoam adalah produk plastik yang paling banyak didapatkan.

BACA JUGA :

Rumput Laut bisa Menggantikan Kemasan Plastik

Memperingati Hari Bumi dengan Menyelamatkan Laut

Dan pada tanggal 22 April 2019 kemarin, GIDKP bekerjasama dengan rumah mode Sejauh Mata Memandang (SMM) mengadakan kampanye bertajuk “ Laut Kita “ , berupa pameran dan instalasi untuk mengajak masyarakat mengurangi dan lebih bijak dalam menggunakan kantong plastik.

Tiza Mafira, Direktur Eksekutif GIDKP menyampaikan “Banyak fakta yang menakutkan terkait dengan sampah plastik di negeri ini. Dari 100% sampah plastik yang ada hanya 10% yang dapat di daur ulang, dan sekitar 40% berakhir di sungai, kanal, dan laut.”
“ Saya sangat senang dapat terlibat di kampanye Laut Kita, melalui kegiatan ini kami akan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai dampak buruk sampah plastik, tidak hanya bagi lingkungan tetapi juga manusia dan ekosistem yang hidup di dalamnya. Kita semua harus menjadi bagian untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan,” tambahnya.

Instalasi dan pameran yang “ Laut Kita “ didukung oleh Plaza Indonesia dan berlangsung dari tanggal 22 April – 16 Juni 2019 di Plaza Indonesia Level 2 North, dan terbuka untuk umum. Menghadirkan 6 area instalasi desain di mana masing-masing area memiliki konsep, cerita, dan filosofi yang berbeda-beda dengan melibatkan beberapa kolaborator.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here